#TIPS Jakarta City Tour

21.46




Tanpa mengurangi rasa hormat kepada para couple diluar sana yang sedang asyik melakukan ritual mingguan ( malam mingguan), maka malam ini gue disini.
Yak ngeblogging, make celana bunga-bunga yang udah usang dan lebih mirip kain pel, my caffeine, and memutuskan untuk mencoba produktif di malam minggu. Yeah, daripada ngotorin timeline dengan galau ga mutu, so lets do something useful haha. (ngehibur diri duluk aja sih)

betewe, adagak sih diantara kalian yang lahir di jakarta tapi udah pernah mencoba untuk jadi tourist di kota sendiri ?
Sebelumnya memang gue ada post berkaitan destinasi anti mainstream apa aja yang ada di Jakarta, selainn pante A*col yang beraer ijo tentunya hih.
Nah sekarang gue mau coba kasih tips yang (semoga) bermanfaat bagi kalian yang hendak melancong ke Jakarta , terlepas lo origin resident atau emang turis lokal. Cups!



1. Pake alas kaki yang nyaman tapi tetep instagram-able

Gue sih gak ngelarang yak kalo kalian para ladies khususnya mau berlenggak lenggok ria sambil wisata sama wedges atau yang lebih ekstrem , heels. But, tanpa mengurangi rasa solidaritas sesama wanita, PLEASE deh, no one will ask you how much your height or is that balance with ur body weight! not at all .
Namanya lagi wisata, yang penting nyaman yakan ? Ngapain demi gaya lalu pas sampe rumah/hotel kaki lo lecet sana sini or worst.
Kenapa gue bilang gitu ? Karena mostly wisata di Jakarta itu berdekatan satu sama lain, jadi bisa banget ditempuh by walk. Selain cepat, juga ngehindarin macet yang kronis.
Misal : kalo destinasi kalian ke Monas , bisa juga mampir sekalian ke Museum Nasional, Balai Kota, atau sampe ke Museum taman Prasasti di Tanah Abang, yang kalo lo coba tempuh dari Museum Nasional gak jauh-jauh amat kok.

atau Kota Tua,
banyak kan tuh museum di sana yang bisa ditempuh jalan kaki aja. Jadi kebayang lah mostly lo akan lebih sering jalan daripada naik kendaraannya.

Tapi..

gue juga gak nyaranin elo make sembarangan alas kaki. Sebagai pemuja nomor wahid sendal sw*allow, gue gak menyarankan juga lo make s*wallow buat city tour. Disamping merusak estetika foto, lo jugak gak se-hits si Sehun EXO yah yang kalo dipakein sendal jepit tetep badhay. *nyinyir level 5*

dia sih enak orang hitz | citizen.liputan6.com

so be wise dalam memilih alas kaki kalian traveller !


2. Pake baju yang gak gampang bikin gerah

Jakarta panas. Udah itu aja.

eh

tapi jangan tanktopan juga sih. Gamau di suit-suitin abang bemo kan ?
Cukup emba emba bule aja yang singletan, elo janghaan please.



3. Siapin budget untuk beli kartu sakti bin mandraguna


TARAAAAAAA!


kompasiana.com

Kartu yang paling mutakhir dan selalu ada di leher gue (sejenis dog tag lama-lama kalo gue pikir), dengan kartu ini lo akan lebih mudah ngakses mass transportation di sekitaran Jakarta.
Singkatnya, kartu ini berguna ketika lo akan naik TransJ, KRL, atau mau belanja di Indom*rt dkk.
Ada berbagai merchant bank yang kerja sama, jadi bisa pilih sesuai bank  kamu yah guys. Biar lebih mudah top up nyan juga. Sistemnya make saldo gitu, gue gatau sih sekarang beli nya berapa (dulu gue jaman promo soalnya hihi) dan bisa lo beli di halte transJ atau di stasiun (setau gue ada mesinnya di St Juanda, harganya 100k kalo gasalah, utk BCA only yeah)

Mayan lah jadi kenang-kenangan melancong ke Jakarta :)
oh iya, bisa juga ding di gunain buat Trans Jogja (ive tried on my lastest post here)


4. Biasain nanya harga dulu sebelum mesen

Sebeneranya berlaku untuk di setiap tempat wisata guys. Karna emang tabiat masyarakat kita gitusih, apalagi yang sadar kesempatan. Boleh aja mark up karna mereka ada di lokasi wisata (apalagi banya bule manca negara) tapi, sometimes mereka kurang wise untuk itu.
Ngerugiin traveller lokal juga menurut gue. Apalagi bagi mereka yang baru pertama kali ke Jakarta. Kan kesian makan ketoprak bisa 30ribu padahal  dari segi rasa nothing banget.

Gue punya pengalaman kocak sih soal ini. Ini kejadian waktu gue ngajakin Mega & Ines naik bus tingkat yang waktu itu baru launching.
Kelar naik bus kita main ke MusNas lalu kelaperan. Alhasil waktu itu masih banyak pedagang jualan di trotoar depan halte TransJ Monas. Duo bersodara itu langsung pede aja mesen soto ayam. Seger katanya. Makan gasampe 20 menit udah abis aja dong (tadi sempet lirik mangkok mereka, soto yang dimaksud adalah semangkuk air berkaldu dan dua suwir ayam serta sejumput bihun). Gue pribadi mesen toprak seharga 10k (udeh ane tanya dluan sebelum mesen). Nah pas duo orang itu mau bayar spontan skotjantung pas dikasih duit gocap dan gak ada kembalian. Langsung dong darah medan nya pada keluar haha. Pas ditanya ternyata seporsi harga nya 25 REBU TSOB. Kalo ke mekdi mungkin mereka akan dapat yang lebih pantas :")


5. Coba cari info soal event budaya atau festival rakyat

Biasanya ada di web dispar Jakarta atau perbanyak cari info di web. Salah satunya kemaren yang geu datengin di MusNas . Gue interest dengan event salah satu komunitas anak muda yang care banget sama pengembangan di daerah Indonesia Timur sana. Coba cek aja blog  mereka di http://nttyouthproject.blogspot.co.id/  atau instagram acc mereka di @nttyproject

Kemaren di acara mereka itu bertepatan sama Vals day juga. Jadilah itu agenda dating kita ( gue pergi sama Ines fix puas keleyan ?)

biasanya di Jalan Jaksa juga ada annual event Festival Jalan Jaksa, buat info kapannya rajin-rajin browsing yah gaes:)


Last, be safe on trip. As always.

Well, cukup lima dulu ajalah yah tips nya. Moga-moga bisa gue tambahin untuk next nya. Semoga membantu kaliaaaan xx


Love

Dy

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook