Curug Cikaracak : Dibalik sawah ada air terjun

00.39

inframe : Thasia dan Bang Robin

Sebelumnya, ini curug kedua yang pernah gue datengi setelah Cibeureum. Walaupun namanya gak familiar amat ditelinga, tapi dapat dipastikan bakal happening dalam waktu dekat. Yasss, power of social media dude!

So, please welcome Curug Cikaracak ( kalo kata Edo curug Cakacak, suka suka eluuu dah do)

Gue dapet info curug ini dari detikTravel yaitu ada ulasan salah satu kontributornya mengenai keberadaan curug ini. Yang bikin gue interest adalah lokasi nya yang masih sekitaran Bogor, dan type perjalanannya yang challenging (emang klodi anakanya gitu,nyari yang ribet). Konon, menurut beberapa catper , untuk sampai ke curugnya kita harus tracking nembus hutan, sungai sekitar satu setengah jam berjalan kaki dari desa terakhir. Mayan lah yah streching otot betis :)

Trip kali ini hampir mirip double date  kwartet anak bolang yang kena racun dan iming-iming seorang klodih muahaha. Yaitu si pengikut setia yang selalu kuy, Bang Robin, pria Libra favorite Klodih, Edo, dan cewe seksih Tasya alias salah satu member TampSis. Yang lain lagi pada shibuq hiks!

Janjian awal jam 8 namun ngaret parah sampe jam 9 gara-gara si Bang Robin . Emang doi yang paling salah lah hari itu. Alhasil kami baru berangkat dari Depok sekitar jam 9 dan menurut mbah gugel jarak tempuh hanya 2 jam tanpa nyasar. Hari itu gue duduk anteng dibelakang si Edo, dan bener aja kami tiba di desa Cibeling sekitar  2 jam perjalanan tanpa nyasar.

Gambaran rute nya kurang lebih gini :

Depok - Jl Raya Bogor  - Arah Sukabumi/Cigombong - Jl Cinagara - Desa Cibeling

Pembelian logistik kami beli di Indo*mart sekitar Talang Tiga. Dan bagi yang ngikutin google maps, Jl Cinagara itu  letaknya sebelah kiri kalo dari Bogor, dan ada papan penunjuk ke curug sekitar 4km lagi. Agak kecil sih, tapi google maps cukup akurat kok. Desa Cibeling sendiri desa paling ujuuuungh. Dan bener-bener mentok tok tok .

Kami aja agak panik ketika jalanan mentok dan gakeliatan parkiran . Tapi akhirnya ada Aa-Aa setempat meyakinkan kami bahwa kami sudah sampai.
Ternyata parkirannya agak masuk hehe.

Siang itu udah rintik-rintik aja, dan gak banyak motor. Fiuh thanks God!
Kami numpang di rumah warga untuk bongkar logistik dan atur barang bawaan.
Penting tapi sepele :

1. Bawa baju ganti, dan sebisa mungkin dimasukin ke dalam drybag/plastik yang aman. Baru dimasukin ke backpack.
2. Bawa raincover untuk backpack
3. Pake sendal gunung atau siap-siap kaki kapalan karna nyeker.
4. Pake outfit warna gelap biar ga keliatan kotor banget
5. Bawa jas hujan

tracking dimulai

the genks!
Dan bodohnya ketiga temen gue gaada yang prepare lengkap dari point-point diatas. Edo pake sendal gunung tapi gabawa raincover, Thasia gabawa raincover , gapake sendal gunung malah sepatu peninggalan si Mega, dan saltum make baju celana putih, Bang Rob gabawa raincover dan make swallow.. Tsakeeeeppp!

Perjalanan dimulai masih diiring gerimis dikit dan agak reda pas udah masuk sawah-sawah.
Nah kebiasaan dari warga Indonesia, kalo daerah udah mulaai keliatan potensi wisata nya, dijadiin moment aji mumpung bikin retribusi gak jelas oelh warga sekitar. Jadi total untuk tiket masuk nya adalah 7ribu dengan rincian 5ribu per motor ditempat parkir dan 2rb ditengah jalan pero orang. Gue pribadi sih gak mempermasalahkan nominal, hanya harusnya dikelola lebih jelas. Secara lokasi curug ini masuk wilayah konservasi Taman Nasional Gunung Gede Pangarango.

Hills and Rice Paddy
Oke skip ngedumelnya. 20menit pertama kita harus nyesuain kaki sama medan lumpur dan sempit. Which pematang sawah yang tanahnya yang demi apapun lembek banget cyin, mau maskeran deh rasanya..
Dan kami mulai tracking agak lebih berat setelah melewati jalanan agak nanjak (gak sesedih tanjakan pos 3 Semeru kok), tapi bagi Thasia dan Bang Robin sih gue rasa agak bikin jiper (bedua duaan masang muka - muka mau pura pura pingsan).
Setengah jam pertama Bang Robs udah nyeker, dan mulai ngeluh kakinya lecet lah, apalah, sampe sampe gue harus nyarin batang pohon buat jadi tracking pole nya.
Satu jam selanjutnya, gantian Edo yang mulai nyeker,bawain sepatunya Thasia, dan jadilah mereka berdua manusia rimba dengan nyekeran pulang-pergi.

Medan mulai menjadi-jadi. Akar pohon segede-gede gaban, kubangan lumpur, dan sungai ......
Kami harus melewati 3 aliran sungau dengan lebar bervariatif. Yang pertama lebar banget, dan sisanya gak terlalu. Disini nih Edo jadi pria paling dibutuhkan sehutan . Gue dan Thasia gabisa bayangin kalo hidup kami tanpa dia *halah
Gimana enggak, dia megangin kami bolak-balik, dan si bang robin repot sendiri sama tongkat ajaibnya. Huh.
Makin kedalam tracknya makin ngaco!
Apalagi selepas sungai terakhir kita harus nanjak , mana tinggi banget, lombat batu sana-sini , kalo gue liat-liat dari IG nya anak-anak gunung, hampir menyaingi tracknya bukit raya kali yah Cuma minus kurang panjang track iblisnya sama gabawa keril .
Bahkan mendekati curug, gue sampe jiper harus lompatin batu , dan lagi lagi Edo jadi pria yang pegang-able.
coba zoom in, muka edo itu udah jahat banget emang

Gue gabisaaaaaa doooo, ini lebar bangettt licin pula nanti gue kepeleset

elo bisa cepetan pegang tangan gue

gabisa edoooo yawlaaa *meringis liat lobang yang menganga*

lo pasti bisa. gabakal kepleset,sendal lo mahal

tapi gabisa do im not gonna make it

you gonna make it, now jump!!

kira-kira itu sepenggal dialog pesimis klodih ditangan babang edo.
Hal yang sama juga terjadi sama Thasia or even worst.

Finally, dua jam  perjalanan membawa kami ke Curug Cikaracak. Aw!

Curugnya masih keatasan lagi tapi susah untuk sampai ke jarak terdekat karena dikelilingin batu batu nan licin dan aliran air yang deras.
Kami semua terduduk lemas namun puas.

Aktivitas yang kami lakukan di curug hanya berendam dialiran air nya sambil sesekali foto-foto. Kami terlalu lelah untuk kesana kemari.
tapi gue pribadi amazing ada curug sekece ini dibalik tebing. Dan gajauh darisitu kelihatan bekas longsoran dari tebing .................................

Hanya 45 menit dan kami merupakan rombongan terakhir kecuali beberapa cowok-cowok yang buka flysheet dan masak sarden :">

Perjalanan turun jauh lebih drama.
Tiba - tiba hujan gede.
Beneran.

Gaujan aja licinya gak ketolong, apalagi hujan.
Tanpa raincoat kami nerobos hutan dengan ujan-ujanan.
Drama gue kepleset disungai, dan moment-moment Edo menjadi pria yang paling gue dan Thasia rindukan tiap kali ada turunan curam, dan Bang Robin yang bener-bener usaha banget buat survive.

Perjalanan pulang cuma sejam dan pas lewat sungai yasalaaam deres banget cyinnn. Lumpur membabibuta, but thanks God gaada pacet atau macet :"))

Kami bersih-bersih ditoilet mushola yang ala kadar untuk sekedar ganti baju dan pulang setelah makan nasgor di Bogor.

Jangan tanya capek/ enggak, tapi kami pulang dengan puas. Karena berhasil mengembalikan memori masa kecil.
Main hujan, kotor-kotoran dilumpur, tanpa sekat .

all greeeeeennn

ps : other photos will be uploaded soon xoxo