Gunung Batu - Jonggol Trip

09.57




Agak latepost banget sih mengingat trip ini udh dari bpp minggu yang lalu, lebih tepat nya pas MayDay.
Kali ini , gue disponsorin perasaan campur aduk, kzl, galau, semuanya numple blek dan butuh sedikit pemacu andernalin wakak. Maka gue mau menuntaskan perjalanan yg sudah ditangguhkan bpp minggu yg lalu juga.

Goes to Gunung ( Bukit) Batu.

View dari stengah perjalanan ke puncak

Partisipan cukup Ines aja. Dan kali ini beda bangetz karena bukan ala backpacker/mountainer tapi gue sama Ines memilih tema " Anak Motor"
Yes. Gue yang bawa motor PP. jangan tanya gue ada SIM atau ga, karena ya emang gaada......
Gausah heran, ines udah kebiasa kok dengan ide gila gue yang ajaib. Makanya kita bisa temenan smp detik ini .
Skip prolog soal gue gaada sim.

Brangkatlah kita jam set 6 pagi dr rumah Ines. Helm smua lengkap, prjalanan gue taksir skitar 3 jam-an tapi berhubung orang2 se cibubur belon pada bangun, alhasil cm butuh 15 menit aja utk sampe daerah cileungsi. Si Ines lumayan lah jd navigator gue. Dan perkiraan dua jam mungkin cukup utk tiba di lokasi.

Dari perum citra indah menurut web yg gue baca kita harus ttp lurus sampe ada pertigaan Tugu Bogor Beriman. Nah ini, skitar 500 m dari perum itu ada sih pertigaan.. tp gaada Tugu nya, berhenti sejenak nyari2 tugu, tp gue simpulkan msh ada pertigaan lain di depan. Gamungkin tugu gak keliatan.. kalo kecil itu namanya batu nisan kali.
Stlh ngelewatin tugu dan belok kiri,katanya perlu 5 km utk sampe pertigaan Mengker, emang ga trlalu jauh, kita ketemu sekolahan yg berdampingam dengan alfa di sebelah kiri kita, dan kita tinggal belok kanan.

Selamat menikmati 20 KM yaaah clooo!

Beneran ini jalan emang sepi, tapi makin kesana makin skotjantung tikungannya. Kebayar sm view Jonggol pagi itu yang luarbiasa. Gue sempet noraks liat view kayak gitu dan jaraknya cuma beberapa km dari rumah gue men! Surga gak perlu jauh2 tsob.

Udab bpp kilo entah, jalan makin sepi, dan... gunung batu sudah terlihat menjulang dengan gagahnya.
*dalam hati*

Gue : Gila! Epic banget nih tempat , gimana bisa ujung selancip itu bisa di naikin orang..
Ines : semvak. Jebakan batman, Katanya bukit, ini gunung sih namanya.
Iya, gue shock aja itu gunung kok tinggi banget......
Jujur, harusnya bukan itu yg gue permasalahin. Tapi sesungguhnya jalanan masuk ke parkiran dan startin point naiknya. Ada kali sekitar 500 meter. Dengan kontur jalan batu kali yang lancip2 dan luas jalanan yang ga seberapa, ditambah sisa embun yang nempel.
Alhasil sekali aja gue jatohin motor. Ini belom seberapa.................
*10menit kemudian*
Kami tiba di parkiran yang langsung diarahin sm local people disitu. Kendaraan didominasi motor dan ada 2-3 mobil aja. Pas gue turun motor, rasanya jantung gue baru normal lagi dan ines yang keringetan kayak abis nonton the conjuring. Muka nya ga nyante abis wakakak.
Startin pointnya langsung keliatan dr tempat parkir. Konon cuma butuh setengah-satu jam aja utk sampe atas.
*satu setengah jam kemudian*
Pada dasarnya gue emg slow walker, tapi ines lebih slowwww lagi men. Tiap 5langkah ngaso dulu , alhasil 1 stgh jam gue baru dapet stgh perjalanan.
Oh iya, ktika kita udh ngelewatin warung kecil gitu, aktifitas selanjutnya ga hanya jalan dan trekking. Tapi juga webbing a.k.a sejenis mendaki dengan bantuan tambang, karena medannya curam , sempit, dan terjal.
Nah disini nih andernalin gue sama ines di kuras abis-abisan.
Tanjakan pertama selamet lah kita, sampe tiba di tanjakan menuju puncak yg di dominasi sm batu2 kali besar. Dan itu hampir 90derajat.....ngggg serius kemiringan nya bagi gue udh gabisa di tolerir.
Akhirnya gue yang naik duluan , dengan antrian yang panjang juga diatas dan di bawah gue. Ines berada seling satu orang di bawah gue. Merangkak lah gue keatas, pas gue nginjek salah satu pijakan berupa tanah, gue k-e-p-l-e-s-e-t......... untung banget gue gelayutan sama tali dengan erat. Tapi kaki gue ngegantung dan bebatuan pada jatoh turun ...... belom lagi dada gue yang ngehantem tanah, dan anak orang yang kedorong paksa sama kaki gue dan dia gapegangan apapun(posisinya udh di pinggir , tp msh bisa napak berdiri).

Ini semua gara2 gue saltum . Iya, gue kira gaada tuh acara begini2an, jadi converse masih oke lah. Lah.... kalo kek begini mending pake sendal gunung.
Udah selesai kisah merosot gue, dan bikin Ines parno dan finally gue sukses muncak sendiri.
Iya sendokiran ane. Si ines milih nunggu dengan setia di bawah situ. Rasanya tongsis yang gue bawa mau gue alih fungsikan jadi tracking pole *emutmadurasa*

Di puncak pun gue dapet 'kecupan' dari local creature disana. Sejenis tomket or anything that capable to fly and bite.

 FLY AND BITE.

Summit

Untung gue pake jaket, langsung gue kancing sampe atas , masker dan kacamata .
Cuma sekitar 15 menit di puncak, ga pake selfie, gue putuskan buat turun. Turun pun antri, dan gue kepleset lagi sempaaaaaaaaaak (gue berasa keledai jatoh di lubang yang sama) , ngehantem tanah lagi, emhh bagus, kalo di x-ray kayak nya rusuk gue agak geser sepermili meter deh.
Eh tapi kali ini bahagia deng. Pas jatoh ada cowo unyu langsung sigap nahan gue dan megangin tangan gue gitu *lah lah
Ines udah setia banget lah anteng di bawah. Dia cuma nanya : klo, sehat?

MENURUT NGANA BETA SEHAT?

Perjalanan turun gue bareng sama anak dari bintaro, dan ga kerasa lutut mulai bergetar. Gabanyak istirahat karena logistic juga gaade(trakhir fitbar potekan).

Btw kalo emang niat nge-camp bisa sih tapi area nya terbatas banget. Mentok2 4 tenda sedang lah. Itupun juga kayak kontrakan di pademangan. Mepet bro! Dan juga bukan di puncak yang jelasnya.
Turun dengan celana tanah semua, kita langsung makan popmie sm nutrisari. Ahhh happy tummy happy mood bgt lah. Dan jam 12an gue putuskan buat balik.
NAHINI, patut disimak baik2 buat kalian pemula hiker dan biker. Kondisi gue yang udh kecapekan, dan harus lewatin medan balik nya kayak gitu, bikin sial sesial2nya. Motor gue ngesot dan jatoh (sama ines juga), tapi gue yang parah sih. Celana robek, kulit paha ga karuan, motor gabisa distater( menurut ilmu mekanik ines, motor gue shock abis jatoh... BOOODOOO AMAT NES)

Untung ada mas2 kasep nan baikhati sama pacarnya bantuin, and yes voilaaa motor gue sadar kembali. Sepanjang lewatin jalanan siksa itu gue ga henti2 nya nyebut nama Tuhan...........

Perjalanan balik dihiasi sama debu dan saingan gue megatron yang hilir mudik.

Ah , andernalin yang tersalurkan dengan sempurna.

Rincian budget :
Parkir : 10k/motor
Tiket masuk : gaada
Makan : 20rb

Udah itu aja sih..




1. Pake sepatu/sendal gunung
2. Pake jaket yang ngecover leher kalo di puncak
3. Skill naik motor yang mumpuni.
4. Banyak2 doa dan waspada. Ini bukan gunung yang buat lucu-lucuan aseli.
Breaking news : gak lama setelah gue dari sana, di minggunya ada kabar duka, kalo ada salah satu pengunjung yang meninggal karena jatuh ke jurang...... entah di spot yg sama dengan gue, atau satunya lagi (ada dua gunung batu katanya).
Be safe guys.


"Kalo ragu mending gausah" - Ines

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook