Do's and Dont's : Solo Traveller

19.20

Berhubung hari ini hari jumat dan mostly kerjaan agak berkurang, maka izinkan saya sebagai solo traveller amatir buat ngasih tips do and donts selama lo ber solo travelling ria. Khususnya untuk para ladies yaa, so you'd better check em up!



Do :


1. Arrange ur travel plan as clear as you could.

image by : one-giant-step.com


Dari mulai akomodasi ke tempat tujuan, bahkan nomor angkot yang akan lo naikin perlu banget lo rinci, lo tulis di travel notesbook atau kalo mau hitech dikit di screenshot lalu di save.
Lebih baik sih di memorize alias diinget baik-baik, karena menjaga kemungkinan lo sering buka gadget di tempat umum.
Kalo bisa juga lo udh pegang tiket pp , even you go by train or plane.
Untuk akomodasi, usahakan cari akomodasi yang friendly . Misal, melayani jasa pick up guests, atau lo punya personal contact sm owner atau staff nya. Jadi incase lo bingung dari terminal kemana lagi, mreka bisa kasih ancer-ancer. Meminimalisir acara nyasar-nyasaran lah yah.

2. Cari info mengenai tujuan wisata

image by : religioustravelplanningguide.com

Penting! Jadi lo ga terlihat kayak orang baru banget di situ. Di sisi lain, lo bisa tau mau explore kemana, makanan murah dimana, atau ada cultural events kapan. Intinya , knowledge ttg tujuan trip harus banget lo collect sedetail mungkin. And google is soooo much helpfull.

3. Bawa self defence stuff.

image by : www.thebushcraftstore.co.uk
Bagi yang bisa martial arts it's really usefull, tapi bagi yang gabisa, usahakan membawa benda-benda yang bisa digunakan untuk membela diri ketika kita dalam gangguan. Misal : pisau lipat, perfume spray, payung. Dan simpen benda- benda tersebut dalam jangkauan kita yah ladies :)

4. Watch your head to toe fashion.

Ke pantai emang paling asik pake hotpants sama singletan. Tapi balik lagi pantai mana dulu yang lo datengin. Kalo itu berkisar Bali/Lombok yang emang udah terbuka dengan fashion ala barat it's ok. Tapi kalo lo ke pantai yang masih perawan which is daerah sekitarnya belum terbiasa dengan outfit pantai yang agak ala-ala bule, I suggest you shouldn't wear any hotpants. Celana se lutut or celana gemesh yang lagi happening sekarang plus loose shirts mungkin pas buat nemenin lo sunbathing atau main ombak. Setidaknya lo tetep menghormati culture setempat but lo tetep bisa stylish.

4. Spread the smile. Blend with the locals.

image by : www.kevinanggara.com

Karna lo sendirian, maka the locals ( warga sekitar) adalah travel mate lo yes!
Coba sebelum kesana pelajarin bahasa setempat, supaya gak cengo-cengo amat kalo berdialog. Then, bersikap ramah lah sama orang-orang sekitar. You never know if they will be ur life saviour some day.
Selain itu, kalo beruntung kita bisa jadi punya guide colongan hehe.
Bisa nanya ini itu and for free :)
Karena sesungguhnya esensi trip bukan hanya explore tempat nya aja, kultur dan kearifan lokal juga menjadi point dari perjalanan kita. We get richer after we goin back home.

Dont's:


1. Usahakan sebelum gelap lo ada di tempat umum yang aman.

Yang gue maksudkan adalah, usahain ketika menjelang malam lo gak jauh-jauh dari hostel/ penginapan . Atau juga ketika lo dalam perjalanan, usahakan sebelum gelap lo udh tiba di tempat tujuan.
Berkeliaran gelap-gelap di terminal atau jalanan menurut gue agak kurang savy untuk kita solo traveler. Kecuali, hostel lo deket legian atau malioboro, yang buka pintu udah ketemu, ya gamasalah.
Sekedar antisipasi aja. Daripada trip kamu berubah jadi acara thriller diikutin stranger di kota orang. Hiy!

2. Jangan panik or too much showing that you're a tourist

Ini berlaku kalo lo ada di terminal atau pangkalan2 transportasi umum. Jangan keliatan bingung atau panik. Sans aja!
Kalo emang lo kebingungan cari bus yang lo tuju, coba take a seat, buy a snacks or drinks. Biasanya gue manfaatkan sambil nanya gitu ke penjualnya. Emang sih kadang-kadang ada penjualnya yg udah kerja sama dengan oknum taksi , ojeg, or sejenisnya. Tapi mostly its really helpfull so far. Worth to tried.
Karna belum tentu ketika lo nanya ke polisi/ petugas terminal lo akan di direct ke bus yang 'benar'. Pengalaman gue di terminal bungur asih misalnya. Waktu trip gue ke Bali, padahal gue udah nanya sama petugas terminal where's is the buses to Banyuwangi, eh dia malah kepo tujuan gue sebenernya kemana. Dengan polosnya Mega, ngejawab Bali pak. Ehhhh kita malah ditawarin naik executive bus kayak Lorena atau Pahala yg direct ke Bali.
Padahal kami kan backpacker pak! Kzl zbl deh .

3. Don't sleep except on ur hostels

Nahini agak susah buat makhluk gampang tidur kek gue. Keep wide awake along the journey.
Keamanan tidur di kereta memang kebih ngejamin but not buses!
Jadi harap mengkondisikan badan, mana emang lo bs tidur tenang mana lo harus terjaga sepanjang perjalanan.

Last but not least, do not trust easily ! use ur instict. Kadang kita harus milih - milih info yang kita dapet dari sekitaran, dan insting kita bakal nunjukin mana yang emang sesuai sama kita mana yang enggak. Naluriah sih, tapi gue jamin cukup akurat :)

And those are the do and dont which i arrange basicly on my expriences. Not so much, but i loved to share somehow. 
Bagi yang mau nambahin monggo di share di comment box :)

Have a save trip ladies xx

You Might Also Like

1 comments

Like us on Facebook