Kali ini sendiri : Dieng Trip

18.41

"Menulislah agar tempat itu tetap hidup"

( -gue lupa siapa yang bilang-)

Catper pertama gue di tahun 2016 adalah catetan perjalanan gue ke Tanah Para Dewa.
 Negri Diatas Awan.

Dieng .

Yailah ujan....

Satu Januari 2016 jam 4 pagi, hujan akhirnya turun. Biasanya tahun baru hujan , tapi kali ini enggak. Agak ngaco sih musim nya. Tapi justru sesubuh itu hujan baru turun dan gue agak ngeri ngeri unyu, secara destinasi gue kali ini dataran tinggi, yang kalo ujan udah turun makin kicep mau kemana mana pasti becyeeekk.

Abang taksi gue dengan baik hati menurunkan gue di dalem stasiun, dan masih ada sejam buat merem -merem , sekedar recharge mata buat 24 jam kedepaan.

iya, gue semaleman fix ga tidur dan entah di kereta :")

Pasar Senen sesubuh itu iya penuh aja. Liburan mungkin, ada yang gegoleran depan circle K , tidur ternganga di emperan, ada juga ding yang masih tiup - tiupan terompet. Aku mah apah atuh, boro - boro terompet, bikin resolusi aja belom sempet *dilempar petasan roket*

Setengah jam gue ngelurusin badan di ruang tunggu dan fix jam 5, setengah jam sebelum berangkat gue buru-buru boarding. EBUSET ini antrian cek in kereta apa antrean diskon , panjang beneeerrrrrr *lemparin keril ke lante*

Butuh sekitar 5-6 jam untuk sampe ke st Purwokerto, dan hari pertama gue tahun ini gue habiskan dengan terlelap diantara dua bapak - bapak macho se-gerbong delapan.

Gak banyak yang gue lakuin di kereta, selain ngecharge , dengerin musik, bobok tsyantik, gitu terus sampe jam sebelasan.

Purwokerto siang itu lumayan cukup bikin keringetan, dan demi nyampe Dieng sebelum gelap, gue segera nayri angkot menuju terminal purwokerto.

Sempet bingung nyari angkot di depan pintu keluar, but fyi, angkot nya ada yang ngetem di pintu keluar kecil, sebelah kiri setelah lo keluar dari peron. Begitu denger abangnya teriak terminal terminal gue buru-buru aja naik, mengingat dibelakang gaada angkot lagi.

Harga sebernernya mungkin 3k aja cukup, tapi gue orangnya ag tegaan dan malesss dipanggil panggil cuma karena ongkos kurang (cukup di jakarta aja, kota lain jangan), so gue kasih 5k. Perjalanan juga ga terlalu lama dan gapake drama macet-macetan.

Sesampainya diterminal yang agak lengang itu, gue agak mulai bingung mana bus nya........

Btw gambaran dari stasiun purwokerto menuju Dieng kurang lebih seperti ini :

Stasiun Purwokerto - Terminal Purwokerto - Pertigaan Klenteng / Terminal Mendolo, Wonosobo - Dieng

Nah, gue memutuskan buat makan dulu (iya dari pagi men sampe jam 12an), nasi rames aja cukup 10k dan dengan perut kenyang gue bisa melangkah yakin menuju bus gue selanjutnya.

Ditengah celingak celinguk gue yang kesekian, akhirnya ada bapak- bapak yang nunjukin gue ke bus sebelumnya.

Sumpah ini terminal friendly banget beda sama di surabaya , yang mostly calo nya agak bikin tarik urat kalo di ladenin, dan bener aja yang tadi bukan calo cuma semacem timer bus gitu. Bus nya 3/4 , dan gue langsung ambil tempat se oke mungkin karena perjalanan kurang lebih 3 jam untuk sampe Dieng.

Gak lama kemudian setelah bus agak penuh , bus perlahan meninggalkan terminal dan gue duduk bersebelahan dengan bapak polisi yang atributnya masih belon di copot (ituloh piso dan dll di pinggangnya)

Dan awalnya gue mau merem -merem bentar, malah gajadi karna diajak ngobrol sama si pak polisi.

Sebentar bukan pak polisi... Mas Polisi!!

Masih muda, ada lesung pipitnya, putih dan RAMAHHHHHH bangert kak!

Asli kalo kek gini gue berharap Dieng itu deket Pelabuhan Lembar jadi masih ada 2harian perjalanan darat .

Kenapa orang secharming dia muncul di saat gue terlihat begitu gembel dan busuk seperti ini. Gak adil elaaahhhhh.

Sepanjang perjalanan dia cerita ini itu, nanya ini itu juga ke gue, dan dia seorang BACKPACKER juga. Kalo sama gini jodoh bukan sik ? *lirik-lirik ke tangannya, jaga-jaga kalo udah taken *

Dua jam kami bertukar cerita dan dia nyemangatin banget, apalagi pas bagian dia jujur gini :

Makanya daritadi saya liatin kamu pas naik bis ..

hah ? eang mas liat saya dimana ?

Enggak, tadi saya kan nunggu bus ngetem di luar , sambil ngopi, eh daari jauh saya ngeliat kamu sendirian, dalam hati kok ni cewek jalan sendirian, tapi gayaknya kayak mau travelling, tapi yakok sendirian, makanya saya pikir kamu emang sekedar mudik..

Oh gitu ya, hehe, saya berarti yang gak merhatiin sekitar..

Ya gapapa juga, orang saya yang perhatiin kamu duluan..

*upil berjatuhan*

Perjalanan 3 jam gak kerasa dan si mas nya  harus turun duluan. Yah dadah massss!:")

Diturunin di pertigaan, dan gak lama gue langsung nemuin bus 3/4 jurusan Wonosobo - Dieng - Batur.

Eh sampe lupa ongkos purwokerto - wonosobo 30k aja yah.

Nah ini yang agak bikin keki. Udah seneng - seneng sampe Wonosobo jam setengah 3 dan kalo gak meleset sampe Dieng jam 4, Lha iniiiii pake acara macet dan buka tutup jalan sampe dua jemmmm dong. Sebenernya kalo gue ada energy lebih dan ada temenya juga gue bakal turun dan foto - foto.

Yaiyalah pemandangannya bikin nganga!! Gue kayak di acara national geography edisi pedesaaan di pergunungan Nepal. Punggungan gunung jelas banget, udara seger banget. Ah, kenapa gue baru sekarang sih kesini.

Jam 5an gue baru sampe di penginapan yang udah gue booking via Pak Didi. Beliau gue kenal dari nomor yang tercantum utk cp losmen Bu Djono, namun setelah ketrmu orangnya langsung, beliau udah resign dari losmen bu djono 4 thn yg lalu, namun sekarang dia ngebantuin orang - orang yang dateng ke Dieng tapi belom dapet penginapan. Sekaligus jadi guide dan penyewaan motor gue.

Akhirnya dengan bayar homestay 200k/n/room , sewa motor , bensin, tiket masuk, guide seharian untuk gue doang 300k. Sebenrnya agak bertentangan dengan prinsip backpacker gue yang masih agak kemahalan, tapi berhubung solo trip , yaudalahyah demi kenyamanan diri.

Senja 1 Januari gue habiskan di sebuah dataran yang dinginya luar biasa, pemandangan awan yang deket banget dari pandangan, angin dingin yang hilir mudik. Tepat jam 6 sore , setelah makan malam nasgor deket homestay, gue mandi `(airnya kayak baru dikeluarin dari lemari es), dan buru-buru tarik selimut. Jam dua besok pagi gue akan summit attack ke Sikunir :)

Kebangun mendadak karna tiba-tiba suhu drop jadi 13 derajat. Seinget gue pas gue tidur sekitaran 19-20, dan pas keluar kamar liat termo di ruang tamu, wuanjir di ruangan aja 13 derajat apalagi di luaaaaaarr.

Baju double, kupluk, scarf, sweater, buff,kaos kaki, sepatu trekking, dan gue terlihat kayak baymax mau trekking. Masih agak selimutan, jam setengah 3 finally gue di jemput samasi bapak.
Mamam dah tuh motoran jam 3 pagi di suhu below 15.

Btw, ternyata ada juga tamunya si bapak sepasang kekasih (hahasek) dari Bintaro yang
baik baik banget, pls meet mbak Ajeng dan... mas nya .(lupa kenalan sama pacarnya)

Ciee obat nyamuk banget sih klo? | pic taken by Pak didi

Sekitar jam setengah 4 kami udah tiba di start awal trekking Sikunir dan jeng..jeng..macet lagi. Balada high season gini nih. Pfft.

Sebelumnya , Sikunir ini adalah suatu bukit yang berada di desa Sembungan, iya desa tertinggi di pulau Jawa ituloh .

Kata si padidi, sekitar sejam kalo kita treking santai, dan dikasih unjuk pas gelap gelap, puncak sikunir. Gue langsung nelen ludah dan buru buru nenggak antangin.

Eiya bener aja, trekking agak ngantri dan cuma sekali istirahat dengan durasi setengah jam trekking Apalagi mba Ajeng baru turun dari Prau, dan spertinya mereka juga bukan anak gunung gung amat, jadi gue yakin badan udah remuk redam.

Sekitar jam 5 lewat gue sampe puncak Sikunir.

Speechless.

Ini aku dimanaaaa?!??!

Semburat oranye memaksa muncul , gunung-gunung yang pada antre untuk mendapat sunrise, lautan awan diatas dan di bawah sepanjang gue memandang.

Golden times

Kelodihnya speechless

Perut agak mual memang, tapi sehabis matahari sepenuhnya mucul dan gue cuma duduk termangu ngeliatin semua proses itu, gue siap untuk kembali turun dan ngejar itin berikutnya.
Eiyah sebelum ke tempat selanjutnya, kami sempet mampir ke rumah pak didi dan minum teh anget, sambil pop mie-an, dan pulang bawa buah khas dieng ituloh, Carica. Homemade istrinya beliau, cukup 30k untuk 12porsi. Segerrrrrr.

Dari situ juga kami berpisah, mba Ajeng lebih milih untuk buru-buru balik karna kereta mereka jam 6 sore, dan agak worry aja macetnya kan gabisa diprediksi. Hiks.

Tinggalah gue dan si bapak.

Next place gue ke Kawah Sileri karna lebih sepi dari Sikidang. Basicly gue juga agak kurang suka kawah-kawahan gitu, jadi cuma foto dari atas, lanjut ke air panas yang berasal dari belerang langsung. Yang  ini special req dari gue, karena gue emang minta tempat-tempat yang antimainstream dan masih alami. Eh bener, itu tempat belom ada htm dan motor juga di parkir seala kadarnya di pinggir jalan.

beneran anget !
Pemandian ini terbuka dan gadipinggir jalan, selain itu di bawah sana langsung sungai dengan gemericik air, sepi, mandi air anget, berasa putri kayangan banget guys!
Sayangnya gue cuma rendem kaki aja gitu, karena gue agak ngejar itin tempat berikutnya.

Next, Candi Arjuna. Gak afdol lah yah kalo gak ke sini. Dan lha iya rame banget.

Gaterlalu lama gue di kawasan candi yang super rame, gue memlih untuk menikmati Telaga Warna dari petak 9 Dieng, alias dari view atas.

Duduk diatas rumah kayu ala kalibiru tapi ga bayar dan gaperlu antre, gue puas banget!

itu lagi mijit mijit kaki sebenernya

Dari sini gue udah gakuat mau rebahan bentar, finally gue sudahi trip singkat gue pagi itu. Kembali ke homestay jam 11an, Dan packing yang singkat gue kembali menuju Purwokerto meski kereta gue masih jam 12 malem...........

Dieng, yang selalu misterius dan berselimut kabut. Terimakasih untuk matahari pagi mu.

Trip Costing:
  1. Tiket KA pp = 125.000 + 80.000 = 133.000
  2. Homestay = 200.000
  3. Guide + Motor + Tiket masuk + Bensin = 300.000
  4. Makan = 59.000 (4 kali makan)