RE-VISIT : Cimaja & Sawarna

10.18

*keluar dari sela-sela rendang dan gulai dkk*

Sungkeman dulu deh biar gak sleg!

Happy Idul Adha bagi temen-temen yang merayakan dan mari mengheningkan cipta untuk jutaan kambing dan sapi yang telah pergi mendahului kita........................

eh , gue mau nulis catper loh ini bukan kisah drama pemotongan kambing.

Well, Idul Adha tahun ini menghadiahkan gue sebuah long weekend di minggu kedua September.
Sebelum pulang dari Semeru gue sebenernya udah mikir-mikir mau kemana selama 2 hari semalam aja.
Mulai ide nge-camp sama The Boys (anak laki-laki di Youth), sampe pergi solo travelling lagi. Tapi mengingat gue pergi pas hari raya kurban, gue takut keluyuran sendiri terus menimbulkan keributan lalu diciduk warga untuk jadi tambah-tambahan daging kurban . Hiy..

Akhirnya, gue putuskan untuk mengajak sahabat kesayangan gue yang terkampret a.k.a si Ines, untuk keluar menghirup udara seger selain bau ketek orang di KRL.
Dan mengingat kemampuan fisik doi yang tergolong lemah (terakhir gue ajak jogging , doi nyaris pingsan btw), maka gue pertimbangkan untuk sekedar 'relax' di tempat yang pernah gue kunjungi di 2014 , which is Cimaja. Destinasi pertama gue untuk solo travelling, dan selengkapnya silahkan di baca di post ini.

Karena emang plan awal untuk quality time berdua, maka gue sengaja untuk ga ngajak personil Youth lainnya, daaaaan seperti biasa si Bang Robin ngambeks ga diajak. Yakeleeussss betigaan sekamar, dikata situ Ahmad D*ani hih!
Jadilah berangkat dari rasa sakit hati itu, doi bikin trip dadakan dengan beberapa anggota Youth ke Sawarna.....

balik ke gue, plan gue sama Ines udah jelas banget mulai dari itin nya sampe budget. Kami menyewa saung dengan twin bed seharaga Rp 200.000/saung/night all in, harga yang belum berubah sejak dua tahun lalu, dan fasilitas yang makin oke. Disediain 2 buah botol air mineral yang 1,5 L dooong.
Dan kebeteulan gue dapet saung yang ada hammock nya yesss!

Rute yang gue laluinpun masih sama :

St Pocin sebagai meeting point - T.Baranangsiang - Pelabuhan Ratu - Cimaja

Kami berangkat dari Pocin sekitar setengah tujuh dengan gue (yang kembali ngaret) dan Ines udah duduk anteng smenjak jam 6-an. Untuk Ines mau disogok pake nasi goreng buat emak gue. Jadi gak ada pertempuran berarti diantara kami.
Well, angkot 03 yang mengantar kami melesat menuju terminal Baranangsiang tanpa ngetem lama, dan gue bisa mendapatkan bus MGI gue tanpa kendala :)

oh ya tarifnya udah naik dong ceban huhu jadi Rp 50.000/org. Keluar dari Bogor aja udah ketemu macet, dan si Ines udah pindah alam alias tidur. Kelakuan sih emang. Tapi yodalah gapapa daripada mabok perjalanan juga.

Nah. Selanjutnya gue kebangun karna entah gue ngerasa bus itu gak maju-maju , alias stuck diem aja. Eh bener aja, adakali satu jam gue stuck di suatu daerah entah apa namanya karna macet. Syitttlah!

Alhasil kami sampe terminal Palabuhan Ratu sekitar pukul satu siang, matahari pas nyenget-nyengetnya.
Udah siang bolong gitu , kami kembali diuji ngadepin akang-akang angkot yang ngetemnya ngajak ribut penumpang alias LAMA BANGET.

Ines udah nahan-nahan gue aja tuh untuk gak nyekek leher abangnya dari belakang. Huh.

And gue tiba di Cimaja Square sekitar jam setengah 2. Warbiyasah lah hari itu.

our villas

Berhubung matahari lagi on-on nya dilangit, kami sepakat untuk hammock-an sambil nyemal nyemil. Nunggu ademan dikit deh.
Sambil nunggu adem, tercetuslah ide untuk sewa motor plus nyamperin Sawarna Squad alias Bang Robs dkk on the next day.

Setelah berkeliling nyari sewaan motor kami dapet motor sewaan dengan kondisi bagus banget alias motor baru.
Semoga aja si abang gak nyesel nyewain motornya ke gue.
Ohiya, harga sewanya cukup Rp 60.000 + helm 1 tanpa STNK (yaiyalah motor baru banget).

Sehabis dapet motor sewaan, kami langsung berburu sunset ke Pantai Karangpapak alias Sunset Beach. Dari namanya aja udah meyakinkan kalo sunset disitu bakal epic.
Sambil nunggu sunset kami yang sedari siang belon makan, alhasil kami mesen nasi goreng seharga Rp 15.000/porsi lengkap dengan telur dan kerupuk yang menggunung. Nyum!

Sunset nya okelah. Ini beberapa hasil jepretan gue dengan si Ines yang jadi model ala-ala.

lensed  by me

Sekitar setengah enam, sebelum gelap, kami memutuskan untuk balik, dan gak lupa isi bensin untuk perjalanan jauh kami besok pagi.
Untuk mencapai Pantai Karangpapak, kalian bisa naik angkot rute yang sama saat kalian ke Cimaja Square (angkot ungu nomor 21 tujuan akhir Terminal Cisolok kalo gak salah) atau naik ojeg sekitar Rp 10.000 (tahun 2014 alias waktu gue solo trip) atau ya kayak kami sewa motor, skitar 15 menit kok  ga jauh dan gak belok-belok jalannya.

Setelah mandi dan bersih-bersih gue dan Ines kongkow di restoran penginapan gue untuk sekedar makan dessert atau cemilan, secara sisa lunch tadi bikin perut mau meledak sangking banyaknya.
Minggu malam di Cimaja Square hampir 99% adalah bule! Yak, kami doang the only one pribumi yang hang out disituh. Sambil nunggu pesenan kita, gue sama  Ines nyoba-nyoba beberapa table games disitu hehe.

Menu gue malem itu hanya chicken soup yang tasty dan ice tea, sementara si Ines memilih dessert banana split.
Sekitar jam setengah 9 kami memutuskan untuk balik dan siap-siap bobok syantik karena rencana kami besok subuh udah ready motoran ke Sawarna.

Malam yang bener-bener hening, sesekali sih debur ombak kedengeran. And its feels calm and relaxing, mengingat 3 minggu lalu gue berada di ketinggian hampir 3000 mdpl.....

12/09

04.30

morning view

Alarm gue bunyi dan kita kompakan bangun. Beberes sekitar sejam lebih dan sempet ada insiden waktu mau masak air untuk seduh pop mie. Gini, kita udah isi air trus tinggal dimasak pake teko elektrik gitu. Sekitar 10 menit kok kita tungguin belom kunjung mateng, alhasil atas inisiatif Ines, kita coba cabut aja dari colokannya.
Pas mau dituang .....

Jeng..jeng...

Klo.... airnya kemana ?

Lah..

Mana gue tau yekan. Secara gue baru keluar dari kamar mandi...............

Sarapan kita akhirnya failed dan kita cuma makan roti untuk isi perut sampe Sawarna. Gausah bahas airnya kemana .Tsakidh!

Well, untuk ngeluarin motor aja kita udah menemui kesulitan , dan akhirnya di bantu mas-mas bule yang mau keluarin motor juga eheh.

Start jam 6 pas, perkiraan sampe sih skitar setengah delapan. Tanpa adegan nyasar yaaa.
Perjalanan sejauh ini aman, tapi selepas pasar Cisolok, kita ambil kiri, jalanan mulai bikin mual kalo lo naik mobil dan bikin skot jantung kalo lo naik motor. Macem di soundtrack Ninja Hatori, lewati gunung, lewati lembah.
Kontur jalan akan seperti itu , ditambah sepi nya di hari Idul Adha yang bikin gue berasa di kota di film Silent Hill.
Sekitar sejam melewati cobaan kota yang sepi dan memasuki hutan yang juga sepi, bahkan sempet ketemu orgil di tengah hutan..kita ngelewati jalur pertambangan yang tracknya gak ada asik-asik nya sama sekali. Gersang, kerikil, dan kami udah dilanda desperate tingkat dua.

Punten teh, ke Sawarna masih jauh ga yah dari sini ?

Oh di depan ada pertigaan, nah itu udah Sawarna

Petunjuk tadi merupakan secercah harapan bahwa kami gak tersesat.
Dan, sampailah kami di gapura selamat datang di Sawarna dan ada plang skitar 8km menuju desa wisata nya. Yawlaaaaaaa~

Kita udah mulai kontekan sama si Bang Robin, dan setelah drama pencarian, bertemulah kami semua di penginapan mereka. Uuuhhhhhhh anen!

Berhubung waktu gue sama ines terbatas, maka mreka smua langsung gue geret-geret ke pantai untuk foto.

Sekitar 1 jam kami bersua , dan skitar setengah 10 kami memutuskan untuk balik ke Cimaja.
Perjalanan pulang tentunya jauh lebih sebentar dibanding kemarin. Sekita jam setengah 12 kami tiba dan siap-siap untuk packing, mengingat batas check out sekitar jam 12 siang.

Dan macet dihari itu gak terlalu parah untungnya, so skitar jam 7 malem gue udah tiba dirumah dan kembali megang skripsi. Ugh.

Trip Costing :

Tiket KRL : - (pake flash yang udah diisi bulanan)
Angkot 03 PP :  Rp 6000
Bus MGI PP : Rp 100.000
Angkot 21 ke Cimaja PP : Rp 10.000
Sewa Motor (shared) : Rp 30.000
Bensin (shared) : Rp 10.000
Homestay (shared) : Rp 100.000
Makan 4 kali : around 100.000 (2 kali makan di resto sama KFC)
Sisanya tergantung budget jajan kalian hehe