SEMERU (KURANG SATU) #3 - FINISH

18.14

(previously di part #2)

Eh tapi jangan seneng dulu, sebelum lo menginjakan kaki di Oro-oro ombo, ada turunan tajem setajem silet nya Feni Rose yang lumayan panjang dan bikin jiper plus malu kalo lo salah langkah dan gelinding .

Gilaaaaa ini gede bangetsss. Bisa main futsal 10 kecamataaaaaaannn. Gumam gue dalem hati.

Diujung sana terlihat bapak-bapak semangka cemoro kandang menanti gue untuk ngeborong dagangannya.

Dan fakta slanjutnya adalah neraka hari itu bukan tanjakan cinta atau turunan oro-oro ombo. Melainkan track ke pos Jambangan.

----------------------------------------------------------------

di pos Cemoro Kandang suasananya adem bener. Banyak pohon dan didepan mata barisan bukit dan Oro Oro Ombo memanjakan mata. Jadi kami cukup ngehabisin waktu yang lumayan lama di situ.

Setelah ngabisin semangka beberapa biji, kami mulai melanjutkan perjalanan menuju pos Jambangan di ketinggian 2600 mdpl dengan jarak tempuh 3km .

well, sejenak memasuki hutan-hutan dengan pohon-pohon yang rindang emang gak 'kerasa' ujian tanjakan yang gue bicarakan. Tunggu aja setelah 20 menit jalan.

Jalanan itu kayak naik ke bukit. Gak curam, but tetep judulnya nanjak. Bonus landai or even turunan minim banget. Malah kadang kita harus lompat sana sini.

Disini nih gue merasakan karma gak nyentuh nasi bikinan Bang Hendra semalem. Napas gue jauh lebih pendek dan mulai sering capek . Baru jalan 4-5 langkah bisa break 1-2 menit utk ambil napas. Gak paham sih itu termasuk normal atau gimana. Cuma gue bener-bener ngos-ngosan di track itu.
Dan di separo perjalanan kami masih  bersama, alias mereka berdua dengan sabarnya nungguin gue yang break berulang kali. Bang Hendra gak kehabisan akal juga untuk nge-recharge semangat gue. Mulai dari senyum muluk tiap gue nyengir untuk minta break, sampe metikin gue arbei hutan :")

Disuruh nyemilin ginian
Di setengah jam terakhir gue minta doi untuk duluan, gak tega dia ngikutin speed gue yang lemot parah. Apalagi gue tau lutut doi kek nya masih ada bekas ngilu-ngilu Kerinci.... makin ga tega aja yekan.
And tinggalah Ka Astra yang dengan luar biasa nya nemenin gue sampe ke pos Jambangan. I owe my life to her hiks!

Nyampe Jambangan dengan penuh haru
Gue sampe di Jambangan sekitar jam setengah 3 sore. Cuaca cerah banget dan gue masih make jas hujan ( tadi setengah di track sempet gerimis).
Bang Hendra ? Doi nyaris ketiduran sangking gue lama banget haha.
Disini gue fix harus makan sesuatu yang manis dan bisa gantiin karbohidrat yang hilang di badan gue. Akhirnya kita ngeborong pisang goreng dan.... um Ka Astra nyobain 'bakwan' yang kedepannya kami betiga sepakat menyebutnya 'dorayaki'. Kita gabisa explain secara ilmiah intinya jangan lo expect rasanya sama kayak bakwan di kota . Gitusih kira-kira haha.

source : IG @urban,hikers | penampakan bakwan yang gue maksud
Bener aja dong! Gue dengan melahap 4 biji pisang goreng (dingin) langsung bisa ngelanjutin perjalanan ke Kalimati cuma setengah jam !!

Selain tracknya yang gak terlalu nanjak , gue udah muak sama yang namanya jalan dan sesegera mungkin pengen sampe , buka tenda, lurusin kaki!

Glorious
Oh yak, sampe lupa, di Jambangan punggungan Gunung Semeru dan Puncaknya yang maha
dashyat a.k.a Mahameru terpampang jelas dan nyata. Batas vegetasi sampe pasir-pasiran nya keliatan jelas. Dan gue agak bergidik ngeri sekaligus tertantang sih. Gak nyangka nanti malam gue akan merayap disana.....

Sampe di Kalimati , Bang Hendra udah sampe duluan tentunya dan gue berharap dia udah inisiatif buka tenda duluan yekan dan gue tinggal menggelepar dalam tenda but harapan gue pupus. gue hanya menemukan doi lagi jagain kavling camp kita sambil senderan ke keril nya yang luar biasa berat itu .

Sekelar nya tenda gue pasang sama doi, kami para wanita langsung bergegas ganti baju dan bersih-bersih dalem tenda. Dan si abang langsung gercep ke sumber air yang jaraknya setengah jam dari Kalimati.

Di Kalimati sore itu cerah banget. Dan jujur bagus banget untuk foto-foto, tapi apa daya, kaki gue udah kaku dan perih juga untuk jalan kemana-mana , dan Ka Astra pun idem. Alhasil sembari nunggu si abang balik, kami ketiduran ........................

Acara masak memasak selesai sekitar maghrib dimana menu makan malem kita adalah : habisin semua. Alias semua logistik kita masak untuk bekel summit, dan sisa sedikit untuk bekel perjalanan pulang .

KA : ayok dek nasinya ditambah itu yah.

gue : udah kenyang kak .. *padahal nasinya cuma senggenggam tangan*

BH (Bang Hendra itu yah bukan yang lain) : Ayok klo, lo harus makan gue gamau tau.

berhubung si abang udah galak beneran maugamau gue masukin semua lauk malem itu ke perut. Hhh kenyanghhhh ~

Setelah itu tiba-tiba Ka Astra ngajak untuk pipis dan poop. Oke fine, gue udah nahan-nahan poop juga tapi demi sempak Neptunus gue gak akan poop di 'toilet kering' yang isinya cuma lubang tanpa pipa atau jalan untuk kotoran itu menyebar.

Finally gue cuma nemenin Ka Astra pipis dan poop di toilet kering dan gue harus meresmikan status pendakian gue dengan satu hal : Poop di semak-semak dengan latar belakang alam bebas.

Ah fix. Ketika gue punya anak nanti bakal gue ceritain dengan bangganya how their momma poopin in wild nature . And im proud of it!

And thats how i spent my evenin di ketinggian 2700 mdpl .

Sore di Kalimati

Sekitar setengah 7 kami langsung kompak masuk ke sleepin bag dan mempersiapkan stamina untuk summit tengah malam nanti.
10 menit setelah kami kompak memejamkan mata, bang Hen

dra berbisik lirih,

Eh gerimis yah ?

Gue yang udah separo melayang menajamkan pendengaran dan memang perlahan gerimis deras mengenai tenda kami

yah iya bang ujan.

mudah-mudahan ntar malem reda deh

iya yah bang.

Tertidurlah kami hingga pukul 11.55 alias ngaret setengah jam dari target itupun Ka Astra yang bangunin kita semua.

Ka Astra membuka kupluk gue supaya bangun dan gue harus menimpa si abang biar bangun dari hibernasi.

Eh tapi bentar.

Wanjrit kok ini dingin sih!!

Maksud gue dingin nya pake banget !

Gue memicingkan mata dan telihat botol air mineral dua biji di ujung tenda berubah jadi air dingin lengkap dengan embun di seluruh permukaan.
Padahal tenda kami udah dua layer .

Belum selesai keterkejutan kami, ternyata setelah didengar dengan seksama gerimis berubah menjadi hujan deras sob.
Dan dengan setengah sempoyongan bang Hendra membuka tenda..

Putih semua .

Kayak khayangan tau gak ? (maap yak agak sotoy, tapi kurang lebih kek gitulah)

Jarak pandang gue dengan memakai kacamata gue aja cuma 5 meter..

Kita udah pasarah se-pasrah2nya orang pasrah.

Personally gue agak jiper dengan summit di kondisi kayak gini.

Gue gak ada headlamp sendiri, team yang minim banget laki-laki, outfit yang ternyata masih kurang nahan dinginnya ( gue masih menggigil dengan sleeping bag, jas hujan, jaket , gloves, and socks di dalem tenda, entah diluar). Ka Astra pun juga. Tapi gue tau ada sedikit raut kekecewaan karena kita terancam gagal summit. Secara doi excited banget sama mission ini. Kalo ditanya gue, jawaban gue simpel : Itu puncak gak akan kemana. Dan gue juga udah berjanji bakal balik. Karena gue cuma napsu hiking ya di gunung ini sama Rinjani. Sejenis bucketlist yang harus di check .

Nunggu sampe sekitar jam 2, hujan belum reda banget dan kabut tak kunjung hilang. Sayup-sayup terdengar para pendaki yang whole team are men mulai keluar dan siap buat summit.
Ah, sedikit kecewa karena kami cuma sampe sini. Kecewa karena belum ngerasain ngerayap di pasir semeru. Tapi udah kebayar separo nya dari perjalanan kami ke Kalimati ini.
Dan yah, mungkin gue hanya bisa menggapai di ketinggian 2700 . Dan Mahameru hanya untuk mereka yang mencintainya dari hati, bukan hanya sekedar niat ambisius untuk mengalahkan diri dan pembuktian semata.
i promiese one day. See you soon 3676!

----
Selasa , 16 Agustus 2016

07.30wib

Gagal summit selfie tetep lah yaaaa
Kami kompakan bangun kali ini, dan sarapan dengan sisa bekel yang harusnya buat summit. And we still happy as before. Beruntung banget gue punya temen sependakian seperti si kak Astra . Yes, she's amazing yet strongest.

Selesai beberes dan foto-foto dengan latar Mahameru yang berkabut kami mulai perjalanan turun dengan berdoa dan rencana awal bahwa kami akan langsung turun ke Ranu Pane hari itu juga

Menurut abang, perjalanan pulang harus nya lebih cepat, dan kami mungkin sampe bawah maghrib.

langsung semangat dong gue hehe.

dan track Jambangan ? apatuh ? gue lari man! hahahahha *jumawa*

Asli emang lebih enak lari di track turunan dan gue bikin rekor baru : gue sampe duluan diantara Bang Hendra dan Ka Astra!!

Kelar jumawa di track Jambangan, dengkul kembali di uji di turunan Cinta. wkwkwk

Iye tanjakan di Rakum dan ketika perjalanan pulang jadi turunan. Disinilah asal muasal dengkul dan ankle gue nyeri.

Sampe di Rakum sekitar jam 2. Istirahat cukup lama, dan foto-foto for the last time di Rakum yang lagi cerah-cerahnya.

Selain karena emang lamban, the reason im becomin a slow walker, i cant resist the views. Stunnin!

Nah ini nih.

Setelah tanjakan di Rakum ke pos 3-2-1, cobaan mulai berdatangan .

Itinerary meleseeeeett semua! Ketika maghrib kami baru sampe pos 3 dan sisa pos gue lewatin malam-malam.

Mulai di pos 3 gue mulai melambat dan ankle gue udah perih minta dicopot.

Dan sempet jatuh juga.

Inget tanjakan di pos 3? Gue sukses nyerosot.

Makin kesana gue makin kepayahan .

Semangat udah ilang.

Sampe-sampe bang Hendra ngerelain headlampnya gue pake.

Gila. Out of words deh.

Dan dari pos 2 sampe pos 1 bang Hendra mati-matian ngehibur gue dan di bales dengan rengekan, keluhan, dan segala hal paling annoying yang keluar dari gue.
Gue udah bener-bener desperate ketika jatuh ke tiga kalinya. udah mau nangis. udah gatau deh mau gimana .

Padahal gue tau yang lebih kesiksa si bang Hendra, pas turunan demi nungguin gue  di depannya, doi harus nahan badan dan lutut nya ah :"((

Gue jadi manusia paling egois di sisa perjalanan itu.

Sempet di sela-sela perjalanan sesekali si abang bercandain gue,

Ayoook clauuu di bawah bakso malang udah gue suruh tungguin lo.

Tuh clau, lo liat gak cahaya gerobak bakso ?

Claudy, ayoooooo dikit lagi

Pelan-pelan aja ditungguin kok.

Ituuhhh dikit lagi, melipir kiri tar juga sampe.

Dan puluhan kalimat semangat untuk gue yang udah desperate..

.....

Kami berhasil sampe di Ranu Pani jam setengah 9 malem jadi total perjalanan 18 km Kalimati - Ranu Pane adalah kurang lebih 9 jam dengan istirahat disana sini. Tanpa buka tenda.

tapi untuk balik ke basecamp gue harus nunggu rombongan yang kemarin satu jeep sama kita dan mereka baru tiba sekitar setengah 12 malem.

Alhasil stelah nemu toilet bersih , even gue pincang-pincang, gue bela-belain poop dan makan nasgor + bakso malang.

Kami baru tiba di basecamp sekitar jam 2 subuh dan kereta kita itu masih sore jam 5 dengan matramaja.

We celebrated the independece day right exactly in the city.

Dan pulang dengan puas tanpa summit.

Kontempelasi hati dan jiwa gue di umur ke 22.

Trimakasih Semeru dan Semesta!

End-

(untuk cost and foto menyusul yah, masih coba gue pindahin dari handphone)

Love,

Claudy

ps :

Ini bagi yang penasaran dengan si abang yang super sabar tapi kadang suka galak lebih dari mak tiri. Dan ka Astra yang sejenis ibu peri :)

with abang yang sabarnya gatau lagi sepanjang apa dan
 yg udah summit Mahameru 4kali wkwk #travelmate

with the amazing-lovely-strongest woman i ever met! #travelmate
Ketemuu mantan anak gunung jamannya Soe Hok Gie :")