Sawarna with Her Very First Time (2)

19.49





Hulaaaa folks!
Lanjut yuk ah,
Nah setelah gue ngelewatin jembatan goyang itu, kita sepakat nunggu dideket  situ, kata Dian sih bakal dijemput si Ibu. Gue sih pasrah aja yah, pas gue liat skeliling , gue berasa di desa wisata banget deh (heloo clau,emang itu desa apaan mnurut lo?!).
Tapi maksud gue , gak sesepi yang gue bayangin , coz menurut blog2 yg gue baca Sawarna itu masih asing banget dikuping wisatawan. Dan kenyataan nya itu lumayan rame plus padet. Kerasa lah euphoria liburannya.
Semint,duamenit si Ibu belopm nongol2. Dan gue ambil sikap untuk keep moving on, lumayan sambil liat2 skitar hehe.
Kondisi jalanannya kecil, yg pasti gabisa dilewatin mobil,paling cm 2 motor,sbagian sih udah aspal, tapi sandal gue masih kena becekan aja, yaa maklum deh yah namanya juga desa.
Disamping kanan kiri gue banyak homestay2 yg udah dihuni bpp rombongan. Dari yang rumah biasa sampeyg tingkat . Ibarat kata dari yang kelas melati sampe yang bintang 5 dah
Setelah rumah2, kita ngelewatin pematang sawah. Duh, mata gue bner2 dimanjaain deh sama viewnya. Banyak orang lalu lalang bawa backpack, pake baju pantai, uuhhh ini baru liburan!
Setelah ngelewatin sawah,pas lagi  minggir bentar di saung, si Dian triak kecil,
“Clau,itu bu Ejah kali yah ?”
Di penghujung sawah sbelah sana,ada ibu2 megang2 henpon sambil bawa2 payung.
Dengan gerakan slow motion kami berlari kea rah tengah sawah, kayak dua anak kehilangan ibunya pas lagi mau mudik ( secara kita lari sambil nenteng backpack).
“ Ibu, ibu ejah yah ?” gue ragu2
“ Iya, neng siapa yah ? Saya lagi nunggu tamu saya dari Jakarta, Mba Dian
*dian dateng sambil terengah engah*
“ Ini buuu yg namanya Dian “
“ Iyah bhu…sayah … Dian…”
Setelah pertemuan di tengah pematang sawah, akhirnya kita menjelaskan masalah tambahan kita,yakni sepasang pasutri itu yg gue ajak. Cukup memakan waktu yah sbenarnya buat ngejelasin ke bu ejah kalo si pasutri itu bukan teman kami dr Jakarta, alias ketemu aja gitu dijalan.
Tapi emang dasarnya bu Ejah , org daerah yg baik hati, walopun dia juga bingung mau taro dimana tuh dua orang, finally kami lgsg diboyong ke rumahnya ( lebih tepatnya rumah sodaranya).
Arahnya searah sama jalur awal kita, dan tiba di sebuah tanah lapang ( tenang kita gak tidur disitu kok), dan disebrangnya ada sebuah rumah mungil , tapi asri.
Ketemu sama si Tuan rumah yg adalah sodaranya si Ibu Ejah, cerita soal kamar kosong, sampe nego harga.
Dan keputusan akhir adalah, kedua pasutri itu akhirnya coba dicariin tempat dan kami dapet harga yg pas banget sama budget kami yakni 6x makan 250ribu aja !
Napas, selonjorin kaki dan waktu masih skitar jam 3.30,masih ada beberapa jam sebelum sunset.
Pas lagi ngaso diruang tamu si Ibu dateng nyuguhin air dan teh , aduh servicenya wokeh deh ah.
Tiba2 gue baru sadar kalo perut gue belom keisi bahan bakar alias belom lunch. Untung gue nyiapin perbekalan dari rumah yang gak gampang basi dan niatnya mau gue makan pas diperjalanan.
Si Dian yang gak bawa bekel, cuma bisa nyiapin 3 buah lontong.
Jam 4 lewat kami cuss ke pantai nya. Pantai Ciantir.
Gue udah ganti kostum celana pendek sama sandal, dan si Dian yg gak rada gak prepare sandal. Untungnya si Ibu juga buka warung dan jual sandal swallow haha.
Jujur gue gatau pantai sbelah mana, gue Cuma ngikutin kemana orang rame2 aja.
Dan sepanjang jalan kecil itu, gila villa/rumah warga itu pada penuh nuh!
Rata2 sih sm motor alias orang touring gitu dan skali lagi euphoria liburan gue dapetin banget disitu.
Akhirnya gue sampe di sebuah gapura yg ada tulisan “ Welcome to Desa WIsata Sawarna”, dan didepan gue terpampang sebuah sawah lagi yang bikin gue agak bingung, dimana kah pantainya ?
Gak putus asa, kami telusuri sawah dan perkebunan itu, dan beberapa meter kedepan pemandangan yang akan lo liat adalah
Sebelah kanan lo ada tebing menjulang panjang, menjorok ke laut,
Sebelah kiri lo ada pemandangan hutan yg masih rimbun dan bikin andernalin lo buat mnjelajah sangat kuat.
Di depan mata lo persis, sedikit kehalangan sama gubuk2/ saung2 terhampar lautan yg luas gak ada batas, ombak yg cukup dibilang besar.
WELCOME TO CIANTIR BEACH !
FYI, masuk kesini gak dipungut biaya sepeserpun, emang sih ada orang2 yg duduk kayak penjaga gitu, tapi mereka itu sesungguhnya adalah tukang ojek, yg siap nganterin kita ke beberapa spot yg agak jauh dari situ, sperti Tanjung Layar,atau Lagon Pari.
Ada pecahan jalan menjadi dua arah dari tempat kami berdiri, dan kami mengambil jalur kanan, insting kami berkata demikian. Dan ternyata ke kiri adalah jalan menuju ke Tanjung Layar.
Lo tau, kami berlari kecil, gak sabar lagi mengejar segala puncak dari perjalanan kami yang soooo exhausted.
Gue rasanya lega bukan main.
Rasanya gue pengen teriak .
Beban gue lepas gitu aja, gue sadar bahwa dunia gue hanya potongan kecil, dan masih ada hal yg hebat diluar sana.
Salah satunya Pantai ini. Pantai kecil, yg diapit beberapa tebing, tak terbataskan.
Gak peduli sunset kami yang pertama agak gagal karna mendung menaungi kami.
Semangat tetep ada lah, skitar jam 6 Dian merengek pulang,anginnya kenceng banget katanya (kalo anginnya gak ad amah namanya kopaja sumpek).
Agak kesian sih ,secara badan dia gak terlalu kuat setelah perjalanan panjang, mengingat kita Cuma istirahat bentar.
Selepas maghrib kami beringsut menuju penginapan kami.
Dan setelah mandi , gue baru sadar penghuni di rumah itu bertambah dengan keberadaan 3 manusia lagi.
Yang satu gue temuin pas didepan , doi sibuk ngutak ngatik gadgetnya,
Agak awkward pas guekeluar dan duduk di seberangnya.
Tapi pas gue mau masuk lagi, akhirnya dia negor gue dan Dian .
“Kalian tinggal sini juga yah ?”
And the conv goes on, cewek yang bertubuh agak gemuk itu namanya Yusi, we call her Kak Usi.
Dan dateng satu lagi, seorang cewek kurus berkulit sejenis sama gue yang dari auranya aja udah bikin gue ngakak (emang aura keliatan yah ?), tapi yg jelas doi bukan Aura Kasih.
Namanya Andrea, dan belakangan kami memanggilnya Kak Andre.
Dan yang satu lagi, gue agak gak nangkep namanya siapa, secara gue laper berat broooow, tapi gue baru tau nama nya stelah perjalanan kami pulang. Namanya Verena.
Percayalah, setelah malam itu kami terlihat seperti satu rombongan besar. Gak ada jaim2nya sama skali.
Malam itu kami dinner bersama, didepan rumah si ibu. Sambil cerita2, dan mereka adalah cewek tangguh gilak.
Skarang apa yang lo  bisa bayangin dari kereta Tn Abang – Rangkas bitung yg sharga 1500!
KRL Jabodetabek aja 2000 lah ini , sjauh itu cuma cenggo! Mereka berhasil berdiri on their way!
Dan memantapkan plan kita buat besok subuh ngejar last sunrise on 2012 di Tj Layar.
31 Des’12
Pukul 04.00
Bullshit adalah ketika gue gak mungkin gak bangun dengan adanya 4 alarm dan lagunya jedag jedug semua.
Yap, dengan tekad kuat untuk liat sunset, kami sepakat meyalakan alarm dengan keempat handphone kami.
Gue sih emang tekad bullet dan lagian emang udah gabisa tidur lagi karna gue risau dengan suara hujan yang jam 1 malam gue denger. Oh God please, I wanna see my last sunrise on this year, ive been so far now.
Gue bangun dan agak cengo, penghuni nambah banyak banget bray. Ruang tamu ampe penuh .
Agak gaenak gue ngelangkahin mereka sih hihi.
Cuma butuh sekitar 10 menit ngumpulin nyawa dan 5 menit buat cuci muka gosok gigi.
Dan butuh 15 menit itu buat ngebangunin si Dian. Extra banget dah.
Pukul 05.00
Kami mulai keluar menuju jalan utama, dan jujur none of us knows where is Tj Layar. Mau nannya si Ibu Cuma lupa, mau nanya orang gengsi. Finally kita mengikuti insting ( atau orang lain ?) yang sedang bergerombol menuju suatu tempat.
Yep, kami mulai menyusuri sebuah track yang gelap, ngelewatin sebuah sungai kecil, dan akhirnya matahari mulai muncul . Di hadapan kami berdiri sebongkah batu menjulang dengan backdrops ombak besar menghantamnya, dan mentari muncul. Di sisi kiri kami masih ada jalan terjal berkarang, dengan bongkahan2 batu terkena abrasi.
Namun disanalah timur sesungguhnya.
Pengejaran matahari kami bener2 butuh perjuangan sangat teramat. Kaki sampe sakit stelah beberapa kali tergelincir.
Semua moment kami dapatkan, bahkan gue melihat bpp orang melakukan sholat bersama ditepian sambil menyongsong sunrise itu.
Di timur Tj Lyar , bener-bener lepas, liar , namun fantastic.
Ombak tak segan menghantam karang. Gemuruhnya membangunkan kami.
Bener2 sebuah perjalanan yang menjajal kekuatan tubuh!
Pukul 08.00
Bergegas kembali, perut keroncongan, sukses sudah jogging dan trekking disepanjang pantai selatan Jawa.
Menu sarapan kami emang top dah, setelah perut kenyang kami antre untuk mandi.
Pukul 10.00
Selesai kami mandi, ternyata kakak2 itu sudah antah berantah, dan alhasil kami mengembara sendiri ke Ciantir lagi.
Gak ada bosen2nya gue kesana.
Cuma siang itu bener2 mendung pekat.
Dan bener, selang beberapa jam sekitar jam 12, hujan turun dan males hujan2an, kami putuskan untuk neduh di saung deket pantai sambil main Truth or Dare. Cola dan minuman kaleng menemani kami.
Pukul 13.00
Lapar, dan kami putuskan kembali setelah hujan reda. Dirumah kami baru ketemu 3 orang itu, dan terntara mereka ke arah luar dengan berjalan kaki.
Bukannya gak mau menjajal lebih dalem lagi, gue coba mengingat fisik kami sbagai amatir dan juga masih ada new year yang menunggu malam ini.
Ternyata hujan masih berlanjut, dan gue harap gue bisamelihat last sunset untuk malam mini.
Pukul 16.00
God grants our prayer! Hujan berhenti dan sperti gak pantang lelah dan bosan kami kembali ke Ciantir untuk bersiap melihat the last sunset.
Agak kecewa untuk kedua kalinya , bukan sunset yg kami dapatkan tapi awan mendung yg menghiasi skaligus menutupi matahari dihari itu.
Cuma bukan kita namanya kalo sunset failed itu menyurutkan kebahagiaan kita!that’s our world guys!
Dengan bermodelkan gue, Dian, Ka Verena , dan Kak Andre beserta gadgetnya itu, kami sepakat membuat sesi photoshoot. Bodo amat dikata norak, dan mereka ( re : Kak Rena & Ka Andre) dianggep ababil sm Kak Usi karena berpose ala2 teenager sm kami HAHAHA.
Ada kali puluhan foto najis bin cute di Iphone si Kak Andre and you guys must surely knows,most of it is Dian and me picts *evil cute smile *

Bagi gue, belum afdol, sah lahir batin kalo main ke pantai ga main sm air nya. Alias berenang. Even I kno it’s a lil bit difficult to swam on wavey and wide sea like it, but who’s care ? I mean, swim isn’t always mean to “put all your body drowns in the water” isn’t it ?
Dian nolak buat gue ajak main air dari day 01, with her excuse dia gabawa celana lagi. Kak Rena apalagi, seolah dia kucing Persia takut air (why she visits beach well ?), Kak usi ? Apalagi, dia sibuk berkutat sama views and Nikon DSLR nya. Dan pilihan terakhir –hir jatuh ke umm Kak Andre..
Gue berusaha buat nge-lobby doi. Dia satu2nya target gue
“ Kak..kak,kena air seru tuh..”
“ Yaudah sono, lo tiduran,biar pas ombak dateng lo kebawa deh sm pantai Ancol”
“ Whatthe .. with you yoook? Gue siap deh kalo barengan”
“ Sorry, gue biasa hanyut dilautan cinta org ganteng”
Gue salah banget nih ngajak orang -__-
Setelah negoisasi pelik, tarik menarik, silat lidah semuanya lah yah, akhirnya nih cewek luluh juga sm wish gue
“Yaudah deh, emg sih gue juga pengen nyoba berenang dr kmrn cuma si Rena gamau nemenin”
JIAH. *toyor pake sempak*
Kami melangkah pasti menuju bibir pantai, diiringi support dan teriakan Dian and Ka Rena, angin membelai rambut kami, seolah kami dua prajurit kesiangan menuju medan perang di Gaza sana, padahal kami Cuma mau main air. Yasudahlah.
Ombak sudah mengenai kaki kami. Dan it wasn’t enough. I want more , I want more (lho kok kyk closing gig  sih)
Gue liat2kan. Kami bertatapan. Alis kami naik. Gue kebelet pipis (?)
Akhirnya kami coba dengan trik menantang ombak yg dating, kami duduk selonjoran menunggu terseret ombak. Bodoh sih, Cuma that’s the easiest way untuk kami.
Gulungan ombak dalam hitungan detik akan menghantam kami.
10 detik menuju hantaman.
5 detik
“ AAAAAAAAA GUE TAKUUUUTTTT “
Setannya si Kak Andre malah bangun dan lari. Gue ? teriak2 minta tolong keseret ombak sampe pinggiran menuju tengah.
Terkutuk si Kak Andre.
Ombak kedua, gue minta si Kak Rena mendokumentasikan persitiwa ‘gue kembali melaut’ dan si Kak Andre gue paksa dengan iming2 ‘cowo ganteng suka cewek basah-basahan’ (itu iming2 ternajis yang pernah gue ucapin) , terlepas dari benar or not, yg penting ada yg nemenin gue basah-basahan.
Ombak kedua sukses membuat pasir masuk ke tubuh gue dan Kak Andre. Salah kostum, tapi sabodo amat. Yang penting , IVE TOUCHED BY THE WATER. YEAY!
Sisanya foto2 najis mengiringi kepulangan kami. Agak terburu2 karena hujan mulai turun.
Hape dan semua gue titip ke Dian and Kak Rena, mereka gue suruh menyelamatkan diri, secara mereka kasian kalo kebasahan, Kak Usi juga secara miris kalo Nikonnya basah.
Gue dan Kak Andre, kami berusaha mendramatisir setiap gerakan kami, baju yg basah, rambut basah, hujan gerimis romantic turun membasahi tubuh kami, yes kami sperti monster laut yang baru keluar dari tengah laut. Tapi we think it was great moments.
Orang – orang pada terburu2, namun kami selow2 aja. Secara gue menggunankan air hujan untuk meluruhkan pasir dibadan gue. I wish the rain getting bigger yeaahhh.
Jam 18.00
Setelah adegan curhat plus jadi Cinderella dengan nyikat kamar mandi, kami sudah hangat dan duduk di ruang tamu, ready for dinner. Sambil ngebahas soal tar malem pas tahun baru. Pasalnya , hujan masih turun dan gue pesimis new year kita failed. Secara mengingat perjuangan gue dan Dian buat kesana. Si Dian sih personally sudah tepar , katanya masuk angin. Tinggal kami berempat.
After dinner, ngobrol2 bentar dan kami masuk ke kamar masing2 buat tidur supaya tengah malem bisa ngendep-ngendep ke pantai.
Jam 22.00
Gue keluar kamar, dan Cuma mendapati kak Andre disitu. Gue juga gabetah kalo liburan kayak gitu. Dan semangat yang membara, Kak Andre akhrnya memanggil pasukannya dan gue berusaha ngebujuk Dian. But im gave up. Gue pergi sendiri bersama tiga wanita itu.
Becek, gelap, dan sebungkus kripik dan beberapa KEMBANG API POWER RANGER ternyata udah disiapin sm si Kak Andre dari Jakarta. Niat sekali memang.
Pantai malem itu ternyata riuh rendah, setiap group udah ngambil spot buat BBQ-an dan spend their best moments there.
Ada panggung juga sih, tapi dangdut2 koplo gitu.
Kami akhirnya memilih makin ke arah timur dan duduk di saung minuman gitu.
Masih ada satu jam setengah menuju pergantian tahun. Tapi mat ague setengah watt banget karena angin laut.
Hujan juga turun cukup deras. Gue mulai hopeless. Ka Andre juga. Kembang Apinya gabisa exist di New Year tahun ini.
Jam 23.30
The rain has stopped. Kami menikmati pemandangan yang undescribeable. Ombak dikegelapan malam, api unggun kecil, walaupun didalem kegelapan. I know it’s the best sound of nature. Wish it more quite, mungkin bagus kalo dijadiin meditasi.
Jam 23.45
Kami keluar saung, dan bunyi petasan udah dimana2, dan gue berasa di medan ranjau. Karena petasan itu dating dari segala penjuru arah. JUJUR GUE PARNO PARAH.
Jam 24.00
HAPPY NEW YEAR 2013, GOODBYE HIGH SCHOOOL, GOODBYE SAD MEMORIES, GOODBYE FU*K PEOPLE, GOOD BYE YOU *galau dancing in  the dark*
Setelah mata gue pedih karena asep, dan jantung gue smpet excersise karena ketakutan kami nemuin spot buat bakar kembang api. Macem anak bawang sih, tapi yang penting NYALA coy.
Kami duduk menghadap pantai, dengan kembang api kecil kami. Kami diem, whispering our own wish, it’s a rare moments, spending a New Years with stranger, destinasi yang udah gue plan since I was in High School thanks God, it came true J
Pas liat ke langit ada lampion2 kecil yang diterbangkan dari barat pantai, kami mulai cabut kesana, gue sambil ngerekam pake Hp Kak Andre, dan semuanya itu GORGEUS PARAH !
Musik DJ juga sudah berdentum2 di panggung oh yeah party goin on baby!
Demikian malam itu, a night to remember .

01 Jan’13
Jam 08.00
Even gue gak bisa ngeliat first sunrise in 2013, tapi gue cukup puas kok dengan moment semalam. Kami kelelahan dan baru melek jam segitu.
Singkatnya kami bersiap dan kembali pulang sekitar jam  09.00
Stelah pamit, kami mulai tawar menawar ojeg , dan alhasil kami naik ojeg seberdua satu motor kecuali Kak Usi.
Dan sekali lagi guys gue dimanjain sama view hutan tropis, bener – bener hutan , aah gue berasa kayak abis out from hidden heaven deh.
Kami pulang lewat rute Bayah.
After ojeg, kami naik bus jurusan Bayah – Bogor. Tapi kami Cuma sampe Rangkasbitung. Karena berdasarkan pengalaman bus kami, naik bus non AC berjam2 non stop dapat mengakibatkan mabok darat so kami putuskan untuk naik kreta aja.
Jam 12.00
Dari terminal rangkas kami naik angkot 03 ke Stasiun. Cukup deket kok. Dan kami memilih untuk naik kreta ekspress aja . Beban backpack kami juga makin berat.
Setelah dapet tiket, kami berusaha untuk cari makan dulu. It’s almost lunch . Sempet jadi turis local disitu sambil ngiter-ngiter sekitar setasiun. Bakso adalah menu lunch kita siang itu.
Back to station, kami dapet spot nunggu yang lumayan kece. DIbawah tempat chargeran.  Masih ada sekitar 2jam-an
Ngesot sampe pantat panas, lumayan sih bb gue sampe full baterenya. Karen ague yakin, abis ini pasti banyak serbuan New Year’s greetings plus mention2 fans .Huh.
Sekeliling kami tampak berbagai jenis rombongan. Dan ada satu rombongan yang steal my attention. Terdiri dari satu cowok gondrong, cewe tomboy tp manis, dan cewek hijab, dan sesuai prediksi kami, mereka dari BADUY. Denger cerita Kak Usi aja gue nelen ludah kalo mau ke Baduy, nyiapin mental fisik terutama.
Jam 16.30
Tuh kereta kampret pake acara delay –delayan segala. Mana pas naek pake berantem seat dulu lagi.
Setidaknya kereta ekspress Cuma dua jam-an dan yah gaada yg berdiri dan gue bisa napas. Harga yg cukup 20 ribu Rangkas- Tanah Abang.
Welcome Home ladies B)
Perjalanan pulang gue merasa pride yang WOW banget. Akhirnya walopun kaki lecet2, pegel2, badan linu, tapi gue puas gue bisa menjajal sampe dimana gue sanggup travelling. Dan gue merasa bangga karena gue gak terlalu cengeng.
Pulang tinggal naik commuterline dari Tn Abang dan berpisah sm Dian di Lenteng Agung.

Sekitar jam 7an gue sampe rumah. Dan demi sahabat gue yg dateng jauh jauh dari Bali, Agatha, gue langsung beres- beres dan welcome her in my house.
Im thankin every seconds ive in the previous year
Bad or good people , they taught me a lot
For my sweet graduation
For my bad love stories
For a new job even it was over
For my campus life.
And for him , the man Im success forget.
IM IN LOVE WITH SAWARNA  <3
Over all cost budget :
Pergi :
Tiket KA Ekonomi JKT – BOGOR : Rp    2000
Angkot ke Terminal                         : Rp    2500
Bus  Bogor – Pel Ratu                    :  Rp   30.000
Pulang :
Ojeg  ke Bayah                            :   Rp    25.000
Bus Bayah – Rangkas                 :   Rp.   25.000
Makan Siang                                  : Rp.    12.000
Tiket KA Rangkas –Tn Abang    :  Rp.    20.000
Jajan                                              :  Rp     10.000
Biaya Penginapan plus Makan  :  Rp     250.000
TOTAL                                       Rp. 366.500 (if you got some lucky people hhehe)                                        

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook