B to B = Backpacking to Bali #1

02.40






Pertama tama gue mau sujud syukur depan pohon nangka blakang rumah karna gue sudah bisa nyelesein misi gue : BACKPACKING KE BALI .

Gile tsob! Gue padahal ber-planning skitar akhir thun untuk ke Bali dan ga nyangka gue bisa sampe Bali dengan duit cuma 600rb sgb uang saku dan tiket kreta pergi JKT SUB dan pulang MLG JKT .

Apeee clau lo naik kereta ???

Biasa aja sik , Surabaya tuh kota terdeket dan terjangkau menuju ke Bali, secara kereta kita bukan kereta titisan susana yg bisa belah laut dan gue juga gapunya tongkat musa buat ngebelahnya dan gue juga gatau apa yg dibelah *skip*

Yang bikin bombastis itu gue moment keberangkatan gue . Gue brangkat tgl 9 kmaren pas lebaran kdua men! Melihat moment tsb dan bbm yg baru2 naik , wajar dong gue hampir frustasi smua budget itu gue naikin bpp persen ? Nasib memang .

\Ada crita lucu sbenernya dibalik perjalanan gue kali ini . Sbenernya rencana awal adalah pendakian ke Gunung Bromo ( maaf gue menggunakan kata pendakian , biar terlihat lebih heroik). Travel mate gue adalah kk beradik The Tampubolon's , Ines and Mega . Dari sekian masyarakat yg gue tawarin akhirnya mereka yg jadi tumbal  HAHAAHHA. Dan didetik2 kepergian gue , yakni 16 hri menuju keberangkatan gue masih bimbang antara Bali - Bromo dan si Mega juga masih di kampungnya di Medan . Gokil ? Belom .

Urusan cuti mencutian gue bikin worst lagi . Keringet dingin ijinnya , brasa mau nembak cowok gitu . Tapi God's power is sweet, Love ya God!

Urusan moneter adalah penghalang slanjutnya . Gue agak ketar ketir dengan duit 600 apa bisa gue balik dari Bali , minimal ke Malang deh..

Dan gue baru bkin itin h-3 keberangkatan. Untuk akomodasi is safely prepared by my bestie Agatha, stay dikost2anya. Lumayan lah..

Kita brangkat dari Stasiun Kota . Naik KRL dari Univ Pancasila . Dan style gue menjanjikan banget buat naik gunung, jadi pas ketemu mereka , Mega agak ragu sbnernya kita mau ke Bromo atau ke Bali .


Well, kreta gue jam set 12 dan gue udah di Kota skitar jam setengah 11an. Kering2 dah tuh . Foto2 narsis sambil nerka2 kereta EKONOMI AC sharga 110rb gue akan sperti apa bentuknya . Yang pasti di doa kami masing2 gaada ayam yang masuk . Please .

Thanks God tuh kereta ontime, jd gue gaperlu takut meleset sgala itin gue . Dan cukup usaha buat nemuin seat gue mengingat lorong kereta yg kecil dan manusia2 itu smua bawa barang yg dibilang kayak diusir dari rumah . Haft . Finally seat 19 C-D-E was found !

Dan juga butuh negoisasi buat nuker seat gue supaya bisa barengan sama cecunguk2 itu .

Setelah lunch yg udah dipersiapin dari rumah , gue baru sadar disaster kedua adalah gue dapet penumpang segerbong yang salah bgt. Disebrang kursi kita , trdapat satu kluarga kecil dengan satu anak cowonya yang ampun2an bandelnya . Pengen rasanya tgah malem gue ciduk tuh anak trus gue lempar kluar kereta biar guling2an disawah sana . Untungnya sih belum..tapi hampir .

Besok paginya,kondisi gue gajauh lebih baik . Leher kayak ayam keseleo , mata panas , kuping juga , kaki kesemutan , sgala posisi udah gue lakuin . Dari kaki masih lurus sampe posisi pilates, smuanya tetep bikin pantat gue kerasa panas dan kabar  buruknya gue ga tidur smaleman.

Pagi yg gue maksud adalah jam 1 pagi . Scara kereta kami sharusnya sampe skitar jam 2.

3 jam di kereta ...



8 jam kemudian ...




MORNING SURABAYAAAAAAAAAAAAAAAAAAA~~

*melata keluar kereta*

Semalem suntuk yah cyin gue nge-lipet gitu di kereta sialan , ditambah dger mp3 suara anak setan itu . Neraka sbnernya . Tapi berdasarkan fakta yg gue tau sbelum itu, trnyata neraka sesungguhnya ada di depan mata gue ...

Subuh di Surabaya not bad, stlah numpang cuci muka , gosok gigi dgn tergopoh2 kita nyari tiket KRL buat sampe ke stasiun waru, which just across it gue ketemu terminal Bungurasih .

Wait hold, ada satu crita kocak slm perjalanan gue dalem kereta.

Sebutlah ada seonggok tas besar nangkring di seat gue dan bapak2 sbelah yg pemiliknya unknown. Sampe kereta berjalan tuh tas belum ada yg ngakuin men .. Gue sih agak parno kalo itu bom HAHA. Tapi si ines lebih berharap itu sekarung duit..

Sampe tgah perjalanan , tas itu disimpen sama ibu2 di seberang kursi kami . Dan menjelang malem , si sisters itu nyenggol2 gue , ngasih kode gajelas , dan ternyata menurut hasil pemantauan mereka , kalo tuh ibu2 barbar sepakat ngebongkar tuh tas dan ternyata isinya gak lain ya baju2 , daster perempuan . Dan lebih absurdnya lagi tuh BAJU DIJARAH MEN ! Cuz yaaa menurut hemat mereka, itu gak berpemilik, dan mubazir kalo didiemin. Tapi berhubung juga isinya daster2 dan baju2 rumahan , jd cuma diambil bpp, coba kalo mango , topshop, zara , mungkin gue ikutan ..   *digeplakmasinis*

 Forget soal penjarahan itu . Pas pagi kita sampe , gue dkk kan turun blakangan, smentara salah satu ibu2 'penjarah' dikursi sbelah udah turun di Madiun , sisanya tgal seorang ibu sm anak cewenya yg masih asoy molor . Pas kita mau turun , ada ibu2 heboh nyari2 tas.. eng..ing..eng , gue sih feeling itu si ibu yg tasnya ilang . Dan tasnya pun masih ada dikolong kursi si ibu2 penjarah , gue lg berada di perdebatan dan pergulatan hati. Seolah di otak gue terpampang 3 pilihan yg sarkastik .

a. Gue kasih tau tuh ibu2 plus soal bpp baju yg  mungkin hilang serta dengan pelakunya .
b. Gue kasih tau tuh ibu2 tapi gausah bilang soal isinya
c. Gue diem aja lanjut molor bentar .

Setan dan malaikat dikepala gue dan di detik2 trakhir gue pilih B YEAY!

Dan otomatis tuh ibu lgsg sujud syukur nemuin tasnya dan lo tau , doi masih sempet2nya bangunin tuh ibu penjarah tas-nya cuz kereta pas bgt sampe. Disini gue diem , termenung . Salah bgt ini sumpah.

Pas turun gue emang ga bareng sm si ibu2 korban . Tapi kita ketemu pas lagi ngantri toilet, dan tuh ibu2 lgsg nyamperin gue dan berbaik hati nanya2in kita mau kemana and siapa tau bisa shared ride karena dia mau ke Jember dan emang harus ke Terminal juga .

Disitu gue terlihat goblok . Dia baik banget dan gue masih aja bimbang wktu mau nolong dia . udah mana gue tetep diem soal tas nya yg dijarah sm ibu2 barbar itu . Yak, gue dkk menjadi sosok opurtunis pagi itu.

Pagi gue di Surabaya harus disambut dengan kaki yg salah bgt landing stlah loncat dari gerbong pas di stasiun waru *elus2 telapak kaki* . Ohya kereta kita bukan KRL ternyata, konon katanya kalo KRL ga berenti di Waru (thanks to ibu2 korban jarah yg ngasih tau), jd gue naik kereta ekonomi AC ke Malang, gue lupa namanya tp costnya cuma 4000 doang tsob!

Dan di terminal setelah sarapan soto satu bertiga , kita mulai darah tinggi sama calo2 bedebah disana . dicatet banget, lo gabisa percaya siapapun di terminal . include petugas keamanan disana . Lo harus make insting , fast decision maker , dan pasang muka tegas .

Gue disesatin sama mas2 terminal , dan akhirnya gue naik bus tulisannya SURABAYA - BANYUWANGI tapi pas naik dia dengan entengnya mesti transit di Jember. Fak ! Tau gitu gue naik lorena skalian 160 udah sampe bali men , tinggal tidur pulak .

Gocap gue cuma bisa nganterin dengan bus EKONOMI dan asep rokok sampe ke JEMBER doang. Slama 7 jam gue mangku backpack brusaha tidur dengan segala gerah dan asep gajelas . Ini neraka backpacker sesungguhnya .

Ternyata nerakanya masih berlanjut. Di terminal Tawang Alun Jember gue lagi2 berhadepan sama calo berlogat madura, kurang kumis sama clurit aja . Malah ngetawain gue krn kita milih bus ekonomi ke Banyuwangi smentara mereka nawarin bus patas 100rb sampe Denpasar. Tau gtu gue mending naik Lorena dari SUB cuma 160 sampe bali , gaperlu wasting 7 jam di bus terkutuk itu .

Gak terima perjuangan gue sia2, kami memilih istirahat dulu didalem dan tuh calo masih usaha banget. Malah ada nyindir, pas gue bilang mau istirahat dulu, doski malah nyaut, 'kalo mau istirahat dihotel aja mba'. Gue gatel pengen gampar aja , muka gue udah merah banget, Puji Tuhan ada Mega yg langsung ambil alih situasi, dan akhirnya kita sepakat buat nerusin niat awal naik bus ke banyuwangi aja dulu.

Kernetnya kali ini sih lumayan friendly . Tapi yg gak gue abis pikir, stgah perjalanan gue sesi itu mirip sama ke Puncak . Bukannya sharusnya pantai yah ? Gue rasanya gerah ngeliat bukit dibalik bukit, mana pantaiiinyaaaaaaaa *nangisgerung2*

Menjelang2 sampenya gue di banyuwangi , si kernet mulai ngeselin . Dia nanya kita mau ke Denpasar atau Gilimanuk. Yang bego geografi siapa sih ? Gue sampe ngotot2an dan akhirnya gue lgsg turun pas dger ada ibu2 mau ke ketapang .

Masih berasep, diangkot gue ketemu dengan pasutri Bali. Di angkot pun nasib gue gak berubah . Trnyata tuh ibu2 gajadi ke Ketapang, doi turun  di Pasar entahlah, dan katanya kita bakal dianterin  sampe pelabuhan .
Biaya awalnya dan gue baca di web skitar 5ribuan . But pas ditengah jalan , pas tgal kita bertiga, ongkosnya jd naik 15 ribu per-org dan dioper ke mobil sodaranya tp dijanjiin dianter sampe depan pelabuhan .
Emang bener sih... TAPI GAGITU JUGA KALI NYEEETTTT. dan 10rb juga cukup kali *bikinbonekavoodoobuatnyantet*

Gue mencapai Ketapang sktar jam 17.00 wib. Kebayang dong sharian gue emosi ningkat dan belom mandi sama skali :""

Ombak malem itu terlampau gede. Tapi gue suka liat sunset di ferry. Yang gue liat sejauh mata gue bisa nangkep cahaya cuma laut gaada ujung . Gue kayak nemuin part of me . Kebayar smua perjalanan gue hari itu.

Sore itu. Di selat Bali, gue temuin matahari sore gue .




You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook