BALURAN - RED ISLAND #3

09.16

Lo tau rasanya napoleon nemuin benua Amerika ?

Atau perasaan penjelajah yang nemuin Timbuktu ?

Gue juga gatau sih muehehe. Intinya kayak gitu pas gue turun bus ngeliat plang nama TAMAN NASIONAL BALURAN di depan mata gue.
Itu jam 12 siang. Dan gue jalan dari Surabaya jam 4 subuh. Man... gue gak perlu gimana gue dkk dengan segala kucel yg kami punya.
*geretgeretcarrier*
Buat ke information center aja kita udh lemes banget. Laper, pegel tapi kebayar krna berhasil sampe tanpa nyasar!

Yg nanya- nanya mereka bertiga. Gue ngaso dulu. In the end hasil negosiasi adalah, kita dpt homestay 30rb per malam+ sewa motor plus bensin 120sampe besok jam 12 siang. Jadi ekspenses per orang 90rb. Jujur awalnya berat. Tapi kalo gak lo ambil, lo bego banget hahah.

Iya, kita gajadi ngecamp krn katanya monyetnya lagi musim kawin .. jd agak liar..

Dan tadinya gue mau ngikutin ide bodoh nan nekad ala kakak-kakak suhu kita buat jalan kedalemnya.

Tapi Puji Tuhan otak gue masih rasional .

Next kita langsung dianter ke homestay yang ada di luar TN. Kondisi rumahnya strategis dan homey banget kok.
Stlh nego kamar, dan Devi sm Lita pake mandi dulu...kita sepakat minta tolong disediain makanan 3 kali dgn harga ceban aja skli makan. Masakannya....luar binasa!

Dan skitar jam 1an kita mulai explore Baluran dgn motor sewaan.. yang Lita bawa mio matic.. dan Dian bawa motor supra abal nan tua.

Yihaaaaa~

6kilo untuk sampe bekol.. jalanan off road.. debu... panas banget.. ini AFRIKAAAAAAAAA
Gaada apapun slain pohon dan rumput yang kering dan merangas. Backdrop gunung Baluran, yang demi Tuhan... gue gak berasa kayak di Indonesia. Sepanajang jalan juga gak rame. Bener-bener the real adventure!
Keram pantat, panas membara.. sempet juga ngelewatin ever green nya yang rada adem ( konon daerah ini hijau se panjang tahun).. sampe lah gue di Bekol alias padang savana yang LUAAAAAAAAAAAAAAAAAS banget.

It was an amazin masterpiece of God's hand.

Bodo item item deh gue. Kita berkeliaran lari-larian , foto, udh capek akhirnya duduk aja. Siang gue ga pernah seindah itu.

Mengejar sunset yang katanya bagus di Bama.. kita ngelanjutin 2 kilo lagi dari Bekol.
Dan siang itu Bama rame aja . Mostly sm wisatawan domestik dgn mobilnya. Bayar parkir, trus kita langsung berhamburan di pesisir pantai.

To be honest, Bama itu pantai teraneh yang gue kunjungin.

1. No waves
2. Dan dasarnya bukan pasir melainkan ganggang dan rumput laut. So jangan shock pas masuk kaki lo bakal nginjek yang aneh-aneh.
3. Gue berenang sampe ke tengah. Jauh dari garis pantai tapi tak kunjung dalem. Gils! Gue udh ketengah tapi msh aja air nya se dada gue.

Dibalik semua ke freak-an nya Bama its a good place to visit. Sayang kalo udh ke Baluran kalo blm ke Bama

Di deket Bama juga ada Mangrove trail. Cuma sayang krn gue dkk pake hotpants dll, gue gamasuk ke situ. Pasti banyak nyamuk hihi

Belum sunset kita mutusin u/ heading back. Pas perjalanan balik gue ngeliat sekawanan rusa lagi merumput.. dan banteng Kejar-kejaran.

Akkkkk gue brasa lagi di acara NatGeo Wild!

Dan demi apapun sunset di Bekol lebih eksotis! Hewan- hewan berkeliaran, matahari ngumpet di balik gunung gitu.. undescribeable but worth to see.

Sebelum bener bener gelap kami balik menempuh 6 kilo untuk kedepan. Sunsetnya golden.....
Malem kita ditutup sama soto panas maknyus dan kedatangan roomate bule and his indo girlfriend :)
Nothing could compare this day.

My wander-lust.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook