BALURAN - RED ISLAND #5

10.31

To all reader, excuse my post especially for the random story bout my journey to Baluran.
But I promise I'll finish it now ;)
....
Sebelumnya, gue yang baru tidur 3 jam kebangun karena hujan.
Awalnya gue gak terlalu worry tp liat air yg mulai rembes kayaknya gue harus panik deh.....
Disini 2 survivor yg terjaga ampe pagi cuma gue and devi. Pemirsa yang lain msh terlelap.
Hujan tinggal gerimis skitat jam set 6 pagi. Gagal udah deh sunrise gue. Haelah.
Langsung beresin tenda dengan muka bantal dan gue bermuka zombie kita nyari akal buat nitipin carrier soalnya kita mau ke pulau merah nya dan males juga nenteng carrier haha.
Jadi gini, ada pulau kecil ga berpenghuni di dket situ. Yang ada batu menjulangnya. Nah, konon utk kesana harus pagi2 sebelum air pasang.
Rasanya percuma kalo kesana tp gak ke pulau nya.
Akhirnya, kita boleh nitipin carriet di warung ibu2 yang smlm gue ajak ngobrol. Ah! Mari kita ke pulau merah~
Bener aja.. air udah sebetis dan mungkin dikit lagi akan menggenangi jalan satu2 nya kesana.
Tapi Puji Tuhan we made it!
Gak lama juga gue ngeliat bpp warga hindu yang abis berdoa disitu. Gatau dimana pura nya, sejenis tanah lot kek nya.
Ah nothing such a beautifful Sunday I've.
Dibawah langit galau, kami bertiga main ombak guling-gulingan ga nentu arah. Dian ? Dia cukup asoy dibawah payung-payungan yg kita buat khusus utk dia:*
Puas main air, gasadar kita belum sarapan haha. Dengan ala kadarnya dan porsi kuli kita makan nasi satu bedua, pop mie juga , abon ,sm cemilan kerupuk plus pop ice. Ini menu ngasal abiz.
Habis ini kami akan pisah tujuan , gue and Dian ke Jember utk ke Surabaya supaya bs naik krt ke Jkt dan Lita + Devi lanjut ke Jogja.
Pengennya keluar dari pulau Merah hitchin gitu... tapi kita dapet tumpangan dari dinas pariwisata setempat plus diajak mampir dlu kerumah nya pulak! *cemilin nastar*
Di terminal jajag , gue naik bis ke jember . Disitu kami pisah. Lumayan sedih sih.. tapi kebayar sama bpp hari yang kami dapet!
Disini kami tinggal bedua2 an, duduk sebelahan sm traveler cewe belanda. Dengan mata yg kurang tidur dan ngandelin Dian doang kami sampai di Jember sekitar jam 8malam...
Terseok2 nyari stasiun dan ternyata stasiunnya gak layak bgt buat di inepin, makan bakso plus lontong(ampe detik ini gue ga paham esensinya), cek in di losmen abal. Demikian malam kami di jember. Dan terimakasih Hotel Nusantara seharga 40rb per malam nya.
*alarm mengalun pelan*
Shit! Udah setengah lima pagi.....
Ya terusss ?
Kereta kita jam 5 dan gue cuma punya setengah jam buat beres2 .
Jam 5 pagi kami langsung masuk kereta dengan setengah melayang.
Jam 9 kami udh sampe di Gubeng, tp gokilnya kami harus ke ps turi. Krn kereta kami yg ke 'semarang' brgkt dari situ.
Let's rock and roll.
My first time ke st Pasar Turi.
Nunggu 2 jam lebih for the next train.
Kertajaya, kereta yg akan ngebawa kita cuma sama 'semarang'. Iya dari situ kita harus lanjut naik bus.
Kami aja duduk kepisah, otak gue mulai sinting krn harga bus mulai ga manusiawi (after callin some agency)
Oh ya, pls meet my new pal... cewe hiker yg baru turun dari Agropuro..yg gue lupa namanya.. baru kenal 5 menit , she's do a lots of favor to us. Ngasih snack.... minjemin pulsa telfon dan yg plg penting saves our life !
How it could be ?
Jadi gini, tiket kita hanya smpe semarang, which is kita harus lanjut naik bis. Tapi menurut ibu2 yg like an angel , kasian lalo kita naik bus yg bln tentu tiketnya dapet. Dan mereka men suggest untuk stayin on the train untill JAKARTA!
Gila! Gue sm Dian jd penumpang gelap!
(Crita slanjutnya gaboleh di contoh yah adek2)
Dengan jantung yg deg2an tiap stasiun berenti , kami mulai keringetan .
Dari semarang adakali 6 stasiun...
Mslahnya kalo ada yg duduk ditempat kita gue harus gimana?
Belum lg kalo ketauan..alamat kita diturunin di stasiun antah berantah. Hwaaaaaaaaaa.
Dan si ibu itu akhirnya bela2 in duduk dempet2an demi gue sm Dian duduk.
Dan si kakak itu rela ambil resiko nyatuin tiketnya sm tiket kami pas pengecekan.
The Fortune Goddess was on our side. And I'm safely arrived at Jatinegara st at 2am .
Dan jantung gue sudah berdetak normal ahahahahahahhaha.

What a journey!

Costs :
(Exclude tiket KA bdg - sub // jember - sub // sub - srg around 155k)
Jkt - bdg
MGI bus from Depok to Leuwi Panjang (BDG) 65k.
Angkot from Leuwi Panjang to St Bandung ( 2times changin) 9k
Dinner 8k (warung in front of st)
Accomodation : we slept at the musholla :)

BDG to SUB

KRD fr Bandung st to KiaraCondong 1,5k
Breakfast : bread from home.

SUB to Baluran National Park

Angkot from Gubeng st to Terminal Bungur Asih (two times changin) : 8k
Bus to Banyuwangi (ps : no direct buses to banyuwangi, all you got should transit on probolinggo and continue to Banyuwangi, most important of em all, take the north way, don't take the way over jember/ lumajang)
For this my cost about 60k for two buses.
Ef : 5k
Accomodation : 30k/night/person + 30k for serving 3times meals + 60k for a rent a motorbike inc gasoline/ day /aftr shared with Dian

BALURAN - RED ISLAND BEACH

Angkot to Jember st : 4k
Dinner : 10k
Hostel : 20k / shared with Dian
And the rest is thankin for being a naughty passanger, and my lucky draw haha

" Life's once. So live it up"

1. Kalo menurut opini pribadi gue, mending stay di luar TN Baluran kayakgue. Benefit nya banyak, deket sm kehidupan dan penginapannya lebih murah and aman pastinya. Maksud gue aman, gaada binatang liar yang bisa sekonyong-konyong masuk ke dapur lo. Konon, crita temen gue, dia nginep di penginapan di dalem TN dan alhasil doi masak mie sambil ditemenin merak #thuglyfe
2 . Di Bama seriusan gaada sinyal. Jadi urungkan niat lo buat tinggal di Bama. Karena from 1 until 10 , its only got 7 . Di luar ekspetasi.
3. Sunset mendingan lo nikmatin di Bekol, ajaib nya maximal. Lagipula lo msti pertimbangkan perjalanan pulang lewat hutan-hutan tanpa penerangan.
4. Ke Menara Pandang wajib!
5. Bayar enterance fee nya skali aja. Jadi lo masuknya pagi2 aja wkwk
6. Sunblock perlu banget
7. Kalo agan2 skalian cm dikit, mending sewa motor aja. Murah kok.
8. Nah dipulau merah itu minim homestay, jd mendingan kalo mau nginep book jauh2 hari. Tapi sorry banget ane ga punya cp nya gan.
9. Utk keluar dari pulau Merah, kalo mau ngirit , hitching aja. Banyak lok yg bisa ditebengin ahaha