JOGJA : ROADLESS TRIP #2

15.58




Senja , bukti bahwa Tuhan kita romantis --




Saturday, August 15th 2015

Wake up plan : 6 am
Real life : 8am

Yes plan only just be a plan. After an endless schedule yesterday, we need an extra sleep last night, bcuz today we gonna be explore Gunung Kidul region which is 2 hours driving. Based on our ride yesterday also, we exaclty knew what it feels like crossing many district to reached on spot.
So, our first things to do , lookin for quick bfast around Malioboro.
Iya ini awal dari pagi rempong gue. Jadi gini, utk ke jalan Malioboro, dari penginepan gue, setidaknya gue harus muter balik , dan itu ngelewatin bpp lamer dan pos polisi.

Singkat cerita, gue yg nyetir dan Mega navigator. Pas berenti di lamer depan Inna Garuda, ada polisi bermotor mepet.
P : Mbak.. minggir sebentar deh.
G : Ya pak ada apa yah?
P : Kok tadi lampu udh merah masih jalan aja ?
G : He ? Ini sy lagi berenti pak..
P : Bukan di lamer yang tadi..
M: *bisik2 di gue* emg ada lamer tadi ?
G : Meneketehe. Kalo ada lamer masa gue terobos sih.
Iya intinya gue duduk di pospol dan ditilang.
Udah super bete finally gue (terpaksa) membayar denda 100k utk 2 pelanggaran. Krn I've no SIM dan pelanggaran lamer.
Demikian kisah sabtu pagi gue.
Kita skip aja yah krn 1 jam kedepan isi nya makian gue semua sm Mega sepanjang jalan.

Oke , we were heading to Pantai Baron.
Est length of Travel : 2hours
Jalan Gunung kidul kalo gue boleh deskripsiin tuh sejenis bukit-bukit karst yang terbelah dan diaspal.
Overall kontur jalan asik banget, tapi jauh nya ga nahan. Ada kali 20-30 kilo utk sampe di sana. Belum lagi ada perbaikan jalan di tengah2 , dan agak mengganggu karena berdebu dan gue pribadi ngeri ngesot sama motor2nya haha.
Along the way you might find any other places such as Goa Maria Trisik dan Pantai Ngobaran. Tp utk dest Pantai Ngobaran , arahnya berlawanan sama arah ke pantai2 di Gunung kidul. So it become my bucketlist for our next trip to Jogja perhaps.
Btw, we took the way via Imogiri and Bantul. Another alternative route is taking Wonosari region.
Tada!!
Sampailah kita di gerbang masuk dan bayar tiket masuk 10k/org , dari gate nya ke Pantai Baron cm 200m lagi.
Sementara gue lebih memilih ke Pantai Drini dulu yg agak jauhan dikit. 3km more....

1. Pantai Drini



Muke sih asik, pantat gaasik banget tsob!


Tipikal pantai nelayan banget dan ga terlalu banyak orang. Pantai nya bersih di kelilingin sama tebing karst.
Untuk parkir 2k aja kok. Cuma kmrn gaada yg jaga , so I'm free for charge lol

2. Pantai Sepanjang 



Pantai nelayan juga! Disini kita habisin waktu makan siang kita dengan menu makanan (yang lagi2) MURAH ABISSSSSS. Gue mesen iced coffee yang di kafe kmrn 10k disini cm 4k aja tsob:")
Jangan lupa parkir 2k yoo :)




3. Pantai Kukup






Di pantai ini gue lebih memilih ngeliatnya dari ketinggian.
Iya ada pos pandang nya diketinggian yg lumayan okelah supaya bisa ngeliat Pantai Kukup dari kejauhan.
Fyi disini banyak juga homestay loh
Mungkin ini alternativ bagi lo yg mau spend the night and sunset/sunrise di Gunung Kidul.



Disini si Mega beli oleh2 udang goreng gede2 gitu 15rb sm rumput laut gocengan. Rasanya? Endesssss!
Parkir disini 3k ternyata -_-


4. Pantai Baron









itu backlight. gue udh pake sunblock kok


Our last beach destination, the famous one.
Disini gue juga lebih memilih ngeliat pantai dari ketinggian dan ada jelas kok petunjuk jalannya.
Yap gue juga menemukan mercusuar diatasnya. Sayang, gue ga sempet naik ke atas heuheu.
Karena kita juga udh kesorean banget dan gue anti masih di daerah antah berantah tp udh keburu gelap.












Sekeluarnya kita dari kawasan Gunung Kidul, rencananya kami mau langsung balik. Tp kok dipikir2 sayang udh sejauh ini.......


Finally, our last spot is..... *drumroll* Gumuk Pasir Parangkusumo !
Sejam lah ditambah nyasar2 (waktu itu nyasarnya menjurus ke ngaco)
Sampe lah kita di Gumuk pasir dengan bayar parkir 2k .
EPIC! Pas banget sih sunset. Timingnya perfect lah. Gue cuma bisa terduduk unyu karena batere camdig dan handphone kami sudah lowbat tp thanks God masih bisa moto keindahan sunset di Parangkusumo.
Ajaib dan breathtaking lah.

Sunset



Ketika lo cm bisa terduduk diem ngeliatin siluet2 orang lain , ada yg berpose , ada yang ketawa lebar, ada yang becanda, lucu aja ngeliat mereka hanya bersiluet tapi keliata hidup haha.
Matahari sore itu emang lama banget terbenamnya, dan gue ngelewatin bekas runway bandara yang ga kepake. Niatnya sih mau foto juga. Ah ... tapi next time lah. Jogja deket ini :p

1 jam aja perjalanan balik dan gue mampir angkringan depan stasiun Tugu. Kelaperan banget dan sambil cerita2 sm si Mas nya .
Doi kerja di BNPB Jogja. Hampir setiap minggu doi naik ke Merapi.
Salah satu kisah heroik yang dia ceritain, ketika doi ngebantu evakuasi jenazah pendaki yang jatoh di kawah Merapi akibat tergelincir dari puncak Garuda.
Dibalik kisah heroik dia gue agak terenyuh dengan satu kisah dia. Gue iseng nanya..

" Mas nya tinggal deket sini?"
" Saya tinggal disini"
" Hah? Mksdnya mas buka angkringan 24 jam?"
" Enggak juga, dulu rumah saya di lokasi Hotel N*o yang disebrang itu, lalu kena gusur deh , jd saya tinggal disini sama ibu saya"

Doi nunjuk ruangan kecil yang isinya perabotan masak dan lebar nya kurang lebih kayak pos satpam.
Kayak gini nih yang gue suka dari trip tanpa ikut open trip.
Lo gapernah tau crita apa yanh akan lo dapetin selama perjalanan.
Orang2 kayak apa yg bakal lo temuin.
Dan berinteraksi se intens ini.
Lo akan nemu value kehidupan dari orang2 luarbiasa diluar sana.
Bukan karena mereka berkuasa atau kaya, tapi dari mereka yang tetap ada sekalipun kehidupan menekan nadi kehidupan mereka. The Survivor.


Seneng juga dapet info dari si Mas, kalo ntr malem ada yg nanggep wayang dan pemain nya bule2 .
Yang kek gini seru.
Gapake lama stlh mandi, mampir ke Malioboro beli baju buat si Mega gereja besok, langsung duduk anteng bareng bule2 dari berbagai negara.
That's how my Saturday night goes on. One of my very best moment.
Cukup sampe jam 11an, kita balik ke losmem buat packing dan tidur.
Yes, I do spent our days on Jogja in amazing way :)
Today's cost :
EF Gunung Kidul : 10k
Parking : 2+2+3+3 :2 = 5k
Lunch : 7k
Parkin at Parangkusumo : 1k
Dinner : 5,5k
Jajan : 5k
Total 33,5k
--
Sunday, August 16th 2015
Happy Sunday !
Jam 6 kurang kita udah pada bangun dong hehe soalnya kita mau ke gereja di deket situ. Jadwal ibadahnya kebetulan ada yang jam setengah 7.
GPIB Margo Mulyo.
Bangunan cagar budaya dan kental dengan nuansa Belanda.
Ibadah yang cuma berlangsung 1 stgh jam dan dilanjut dengan melancong ke Benteng Vredeburg di sebrang.
Tiket cuma 2k aja.
Citytour dilanjutin ke Tamansari. I've never been there before.
Tiket cuma 5k
Parkir 2k
Dan taman sari siang itu rame nya ga nanggung2. Gue jujur ga nikmatin banget .
Padahal menurut info ada spot foto yang bagus. Tapi gue udh kehabisan oksigen (lebay emang) dan mengingat perut belom keisi, setelah melihat alakadarnya kami langsung cabut ke penginepan.
Lagipula batas sewa motor kami habis jam set 10 dengan overtime sejam kita nambah 10% dari harga normal.
Janjian depan hotel Neo, kita kembaliin motor nya dengan lengkap, dan all gone well.
Waktu nunjukin jam set 12 . Masih ada stgh jam menuju batas cek out losmen. Mayan ngecharge hape.
Jam 12 teng kita bener2 cek out.
Salaman sama mas Gamdo ( the owner), kami kembali nenteng2 gembolan segede gaban nunggu jam kepulangan kami.jam 18.00 dari Lempuyangan.
Untuk killin time kita nyari bakpia, sampe makan gellato karena Jogja siang itu puanaseee poll!
Jam 2an kita putusin utk nunggu di stasiun aja naik TransJogja 2A , dibawah terik matahari sore finally kami sampe di Lempuyangan .
Yes waitin about 2 hours , dan kereta Gajahwong is comin.
Better dari kereta brangkat, dan kita sampe jatinegara jam 3pagi tiduran lagi sambil nunggu jam 5 commuter pertama jalan.
Akhirnya safely landed on my home sekitar setengah 7pagi.

Yesterday's cost
EF benteng vredeburg : 2k
EF taman sari : 5k
Overtime rental : 7k /2 = 3,5k
Parkir : 2k
Lunch : 11k
Dinner + bfast : 6k
Jajan : 9k
Tiket balik : 220k
Total : 256,5k
GRAND TOTAL
3D 2N
Rp 653.000,-





Jogja, tempat yang selalu menyambut kita dengan rasa hangat khas rumah.
Dengan suasana memeluk kita seakan akan kita anak kecil yang sedang asyik bermain.
Mengajak kita utk berani melangkah, tapi tetap tidak membiarkan kita berjalan sendiri. Menggoda untuk di explore, dan menaruh rasa rindu di tiap inci nya.
Aku tidak sedang berlibur. Aku hanya pulang ke rumah --

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook