Bukan Nonton Biasa

21.40

Yan lo gak kangen sama gue ?

Banget! Meetup yuk!

Oke, minggu besok yah jam 1 di pocin.

Deal!




Demikian chat singkat nan random sama sahabat jaman alay gue Dian.
Iye si Dian yang dulu kerjaannya main YM mulu pas kerja, yang dulu nemenin gue ke Sawarna, dan kemaren yg boncengin gue sampe sukses nyium tanah Baluran waktu trip gue ke Baluran. Iyes my one and only Dian.
Udah ah kebanyakan jelasin Dian nya, entar kerudung nya terbang kemana kemari.
Agenda kami meetup skalian nonton film di Kineforum-TIM.

Apasi Klo Kineforum?

Gue sih ga ngerti banget asal muasal nama nya, cuma if I could describe , Kineforum tuh lil cinema which only have 45 capacities for seats and playin the documentary, fiction both local or international.

Setelah walkin for 15 min, akhirnya kita sampe di TIM. Lokasi kineforum sendiri bisa di pic di bawah.
Utk penayangan oktober ini bebas HTM cuma ada a donation bucket. Don't think twice to donate, karena emang film2 nya berkualitas.



via https://kineforum.wordpress.com/lokasi-baru-kineforum-dkj/

Jadwal film gue jam 2.15, masih ada stgh jam gue keliling TIM , sebenernya nyariin Dian mushola. Kocak nya tuh musholla ada di basement dan minim info. They should pay attention for this.
Pas balik lagi , wow udah rame aja lounge nya. Dan pas jam 2.15 kami dipersilahkan masuk.
Semuanya persis kek nonton di tuentiwan. Theater nya juga,cuma versi mini nya.
Dan sebelum di mulai kita berdoa diinfokan bahwa after the show we've a film discussion.
Durasi film yang hampir 2 jam dan gue yang sepanjang dua jam cuma bisa melongo sangking amazed aja gimana film dokumenter bisa di buat semenarik itu dan sarat buat pesan moral.
 Gak sekedar mempertontonkan kesedihan/kesusahan mereka aja tapi juga membuka mindset dan cara pandang kita terhadap peristiwa G30S/PKI (30Sept movement).
Gimana impact secara mental kepada orang2 yang ada didalam lingkungan/dituduh sebagai PKI, yang kalian tau during 65 semua warga biasa baik yang memang terbukti ataupun tidak berhubungan dengan PKI di eksekusi oleh militer.

Yah gue gabakal bahas panjang lebar soal itu atau mendebatkan siapa yang menjadi kambing hitam, intinya film itu sukses mengobrak abrik otak buat mikir.

Film berakhir dan kami masuk ke sesi diskusi dan narsum nya gak lain adalah the producer itself with her husband.

Diskusi nya berjalan seru abis! Bayangin aja gue seruangan sama mahasiswa/I dengan disiplin ilmu yang beda - beda. Belom lagi gue ngerasa terintimidasi sm pertanyaan2 mereka yang skala bobotnya bisa bikin gue jiper (iye ketauan bego nya lah gue).
Kalo ditanya gue dari disiplin ilmu gue which is economy, what could I get from this film , I've said nothin.
Because humanity and pain ain't measured by numbers or solved with a charts or a prediction.
Gue keluar dengan sumringah. Gue dapet banyak banget dengan modal donasi. Kek gini2 nih yang perlu di kembangin. Bukan sinetron abal atau film yang cuma ngejual ganteng/cakepnya artist nya doang.



Sore di TIM itu soo magical. Gue ngeliat di depan gallery ada 3 kelompok/sanggar lagi latian break dance and they were a kids!



Di pojokan ada kios buku tua dengan koleksi nya yang kalo ga inget besok senen gue jabanin dah ampe malem di mari. Di deket situ gue ngeliat bapak2 yang gak lagi muda dengan rambut gondrong, segelas kopi item, rokok kretek sama Macbook nya asik sendiri. Adalagi sekumpulan bapak2 gondrong juga lg asik diskusi dibawah beringin.
Di sebrang sana gue ngeliat anak IKJ nenteng2 alat 'ajaib' mereka.


Everything looks so artistic . 
Rasanya semua bentuk sekalipun ngalor ngidul, ada seni nya disini.
Puas ngeliat matahari yg perlahan redup, gue dan Dian memutuskan utk balik. 
Ya, weekend yang gue manfaatin dengan baik. 
Kalo kata seseorang, gue butuh titik penyeimbang untuk tetep survive di kehidupan gue yang punya ritme ngebosenin kek gini.

So, gimana weekend kalian ? Did you guys spent it in a good way ?


Friendship is unnecessary, like philosophy, like art... It has no survival value; rather it is one of those things that give value to survival. (C.S. Lewis)

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook