Finally, Pahawang .

15.31







Hello Pahawang



" Apa kita ke Pahawang aja yan ? Eh gausah deh kita kayaknya bisa ke Baluran kok"

Ceracau gue dua tahun silam. ketika bingung liburan mau kemana, tiket udah pada abis, jadwal kapal ke karjaw gak nge-pas, dan salah satu niatan gue adalah ke Pahawang.

Dan setelah itu, setaun selanjutnya duo sepuou Lita - Devi sudah menapakkan kaki mereka di sana , lau kapan klo ?


Awal May !



Entah berkat apa di awal May , tanggal muda , long weekend, otomatis kelas juga gak ada. Nikmat Tuhan yang bisa gue skip dengan sia - sia. Plan awalnya emang agak takabur. Gue mau ke Menjangan sama Ijen. Tapi mengingat peserta hanya gue sendiri dan nampaknya si kakak suhu dari Timur tidak bisa ikut bergabung (pas liat cek in path nya udah di negeri sebrang doi, kan kambingh!), maka gue urungkan niat gue untuk kembali ke Timur .

Dan sudah gue rasa saatnya untuk mencoba melangkah keluar dikitttt aja ke arah Barat.

Alhasil, trip kali ini adalah serba kali pertama bagi gue :

1. Pertama nginjekin kaki di Sumatera (anaknya Timur banget book)

2. Ikut open trip .....

Agak sangsi sih seorang kelodih mau ikut open trip gitu, yang itin, segala perintilan udah diaturin. Tapi demi menjamah 'surga', tak apalah ..



Review dikit soal trip organizer yang gue gunakan untuk ke Pahawang which is Rani Journey. Harga trip nya kalo ga salah 450k dengan mepo Merak dan exclude sewa snorkle .
Respons dari awal cuma nanya-nanya sampe jadi berangkat sangat kooperatif kok. Standard lah untuk speed bales whatsappnya. Di H-1 TL nya bakal invite kalian dalam satu group whatsapp yang kelak akan menjadi tepat jarkom selama di sana.
btw gue dapet TL yang namanya mas Alfat yang kedepannya akan gue pangggil Mas Al, biar akrab aja mhwehehe.

Rabu, 4 May 2016

16.00 wib

Slipi Jaya .


Naik gojek dari kantor jam 4 teng, jalanan sore itu masih cukup ramah untuk traveller last minute kek gue. Dan kebetulan gue janjian sama salah seorang solo tripp-er , yang ada di dalam group dan katanya doi juga mau nyetop bus dari slipi, well, nama yang tertera di whatsapp sih Charlotte. And selanjutnya akan gue panggil mba Charlotte......


betewe kami janjian jam 4 kurang, tapi gue sampe jam 4 pas, dan mnurut info salah satu peserta trip dari Cikarang yang bawa mobil sendiri (dan di akhir cerita gue akan mengalami hal memalukan sama mbak-mbak satu ini), jalan toll udah merayap cuyyy. Gimana gak panik yekan ?
Dengan agak gambling gue memutuskan untuk main nyetop bus yang tujuan Merak, berharap kalo emang gue udah ditinggalin. Jadi biar gue gak ngerasa bersalah krn udah ninggalin.

Bus yang akan nganter gue sampe Merak armadanya adalah Arimbi. Harga nya 28k aja, dan udah AC. Gak lama setelah kita berhasi melengang keluar dari downtown, bus makin sesek. Gue agak gagal paham aja kalo mereka akan berdiri terus sampe the next 3 hours. Ugh.

Minusnya nih bus, AC nya gak mumpuni sekali sob. Bocor sehinga menimbulkan rintik di dalem mobil. Korbannya sih mas-mas sebelah gue. Kalo gak inget pamali, udah gue pinjemin deh payung eyke cyin...


Kebangunnya gue bener-bener gak sopan! Kacamata gue kedepak turun sama segerombolan orang yang grasak - grusuk berdiri di samping gue. Full house on the bus man.!

Gak kerasa bus gue lagi masuk terminal Pakupatan, Serang dan di maps sih tinggal satu jam-an lagi, waktu udah nunjukin sekitarn jam 7, A lil bit early better i guess.

Dan sekitar jam 8 lewat finally bus gue sampe di terminal Merak. And bcs it was my first time, yang gue rasakan pas turun dari bus agak keder aja , gak ada petunjuk jelas jalanan. Dan dari hasil blogwaking gue, lebih enak sih kalo turun di luar terminal. Butn since i dunno terminal dan pintu masuk terminal, so gue turun di pemberhentian terakhir aja.

Dengan nyusurin deretan penjual makanan, gue akhirnya mendekati dermaga dan di sisi kanan gue terlihat Alfamart. Apakahh ini meeting point yang benar ? Bodoamat lah. Gue jajan dulu aja yekan, karena emang gue janjian sama Charlotte di Alfamart.

btw setelah lama cari-carian sama doi, we are in different Alfamart. Too many Alfam*rt in this earth huh.


Gak lama kemudia TL kami, named Mas Alfat comin. Eh ternyata doi anak cibubur dong cyin.


Singkatnya, ternyata ada beberapa fakta yang gue tau saat waktu mulai menunjukan pukul 11.30, yaitu :

1. Jumlah Peserta 25 orang ( saingan sama rombongan manasik haji gue rasa )
2. Masih ada 3 peserta dan cecunguknya yang telat.

Sabar kloohhh sabarrrrr

Jam 12 pas kira-kira kami mulai masuk ke dalam kapal dan penderitaan gak sampe disitu aja, ternyata angan indah gue untuk bisa bobok di kelas VIP even harus kena extra charge sirna! udah penuh dan yang kesisa tinggal emperan atau di kelas ekonomi  yang kagak ada oksigen mengalir . Sesubuh itu gue nyempil-nyempil di ferry nyari lapak agak kosongan , dan untungnya gue nemuin gerombolan trip gue, satu genk gitu sih, friendly , dan yang penting mereka nawarin utk berbagi space duduk di pinggir kapal..........


Dua jam gue habiskan dengan membiasakan diri tidur dipinggir kapal, dan dengan genk anak-anak ini yang luar biasa baiknyaaa sama solo traveller macem gue, kami membuat formasi supaya bisa bobok dengan normal, dan Thanks God gue bisa rebahan about an half hour. And yap, itu adalah jatah tidur gue di malam itu ......

onboard

Kamis, 5 May 2016

02.30 wib

Baru asik nemu spot asik buat rebahan, lalu sekonyong konyong udah di bakauheni aja gitu. Eh bentar deh,

 FINALLY SUMATRAAAAAAAAA
*sprint keluar kapal*



Jam menunjukan waktu jam 3 lewat , alias masih subuh dan perjalan masih ada 3 jam lewat darat sebelum ketemu penyebrangan berikutnya. Senengnya adalah kendaraan kami selanjutnya adalah mobil ber AC sejuta umat itu. Bodo lah, yang penting ada AC....

tapi sesungguhnya ga sepenuhnya bisa tidur nyenyak sih ya, kepala udah enak dapet spot nyeder harus rela beradu sama jendela , akibat tabiat supirnya lulusan sekolah mengemudi truk lintas Sumatera. Bagi yang gatau speed para supir lintas Sumatera, sok dicoba keun main - main ke Lampung...... pantura bhay!
Demikian tigajam gue di dalam mobil dengan driver yang lagi hobby ngedrift di tikungan. Kepala sukses mieing-miring gajelas.

Sekitar jam 7 pagi gue tiba di Pelabuhan Ketapang.


He ?


Jangan heran. Gue emang lagi di Sumatera, emang menurut ngana Ketapang cuma milik Banyuwangi ? Cih.. dimarih ada juga keleus *padahal sendokiran juga baru tau pas googling sebelum trip*

Sarapan pagi yang luar biasa mevvah, nasi uduk, telor, kerupuk (mungkin menu gue lebih cocok makan kerupuk sama nasi), dengan sambil baca doa berharap kondisi ombak bersahabat sama perut berlemak gue.

Penyebrangan kali itu hanya memakan waktu satu jam aja, dan bener-bener tenang banget kondisi lautnya. Minus nya cuma agak mendung, but i think its good, gapanas - panas banget lhaaa yah.

Pier


Sedikit deskripsi pemandangan pagi itu,

Lautan tenang, gugusan pulau baik kecil maupun besar, deretan bukit, A perfect day to enjoyed.

Tepat satu jam perjalanan kami tiba di Pulau Pahawang Besar, yang memang memiliki banyak penginapan yaitu rumah warga, dan gue dapet homestay agak jalan kedalam dari arah dermaga, dan lebih beruntungnya lagi gue doang sama mbak Charlotte yang dapet kamar ........
Sisanya ngemper ndi ruang tamu dan sekitarnya.

Gak sampe disitu kekagetan gue melihat kondisi homestay, gue juga harus agak shock pas tau listrik baru nyala nanti sore ...

kebayang dong, batre udah pada tinggal seadanya, dan listrik terbatas. berpotensi bunuh-bunuhan hanya demi sebuah lubang colokan....



So, tinggalkan kerempongan soal colokan dan gue udah ganti kostum untuk siap-siap snorkling pertama di hari itu.

Spot pertama adalah spot Nemo. Disitu kita agak lama, dan gue masih nyesuain diri sama air laut.

Fyi, snorkling sehabis begadang semaleman itu gaada asik-asiknya. Badan udah gabisa di asikin saman sekali.

but

bukan gue kalo gak tetep hajar, sayang cyin 450k hahaha

Next stop adalah lunch di Tanjung Putus. Overall view nya breathtaking, cuma karna emang pas agak mendung, so i didnt get a clear sky at that afternoon.
Makan siang nya nasi padang dong.... kebayang gak tuh randomnya macem apa....



Sekitar jam setengah dua, kami melanjutkan ke spot berikutnya , gue lupa, tapi yang jelas berdekatan dengan pasir timbul dan di bawah lautnya ada papan tulisan yang ngehits itu " Welcome to Pahawang".
Nah disini nih battle field gue dalam trip ini. Sekonyong konyong laut yang tenang berubah macem monster pengocok perut, ombak yang tingginya aduhai, air laut yang masuk ke bagian perahu, dan gue..................... yang duduk di ujung kapal sok sok ala-ala Nadine Chandrawinata. Mamam dah tuh klo!


15 menit pertama gue masih skoy, menit selanjutnya gue udah nunduk, meluk lutut erat- erat , Bapa kuserahkan nasi padang di perut ku kedalam tanganMu.....

"Oke kita sampai, ingat yah kita gak lama di spot ini, kalo yang mau foto di papan bawah laut nya bilang dulu yah"

Setelah mas Alfat kasih instruksi,gue putuskan untuk segera make life jacket, google, dengan kondisi perut yang udah porak poranda gue usahain untuk turun. Tapi gasampe 10 menit gue naik gara-gara kepala macem kehantem baling baling kapal Titanic.
Alhasil sisa waktu gue habiskan dengan nyederan, make sunnies gue, dan BOBOK!


(moral : kalo kurang tidur dan habis begadang semalaman, lebih baik dopping antangin dan snorkling sebisanya deh. Daripada jackpot di tengah laut. Kan gaasik hehe)

Dengan bobok bobok lucu finally gue ke recharge sekalipun dkit banget, tapi masih bisa turun di spot terakhir di pasir timbul yang sebenernya bakal pecah andaikata mendung gak hadir di sore itu.
Tapi tetep kok view nya  masih oke untuk di foto-foto.

Menjelang gelap kami sudah sampai kembali ke Pahawang Besar dan gue dengan insting gercep buru-buru ke homestay , tau kenapa ?

1. Kamar Mandi cuma satu dan ada belasan cewek-cewek dengan tingkat kerempongan yang demi sempak neptunus lo bakal geleng-geleng kepala.

2. Colokan terbatas cyinnnnn

Untungnya gue dapet kamar mandi gak terlaly terbelakang mengingat air harus nimba sendiri, dan penerangannya yaaa gak mumpuni lah untuk ukuran mata gue.

Kelar mandi makanan langsung ready, dan sesegera mungkin gue lahap. And what should i do next ?

Awalnya gue mau ke dermaga, ngeliat sunset dan suasana sekitar, tapi gue menemukan bale-bale gitu yang di tepi pantai dan deket sm homestay gue, so finally i spent my evening disana, ditemenin sama buku nya Seno G.Ajidarma tentang Sepotong Senja untuk Pacarku. Udah klop ? belom. Soalnya clodih nya belom punya pacar muehehe.


Dan jam 7 malam akhirnya gue putuskan untuk tidur lebih awal, mumpung nemu kasur yekan...

Jumat , 6 May 2016

04.30 wib



Bangun bangun badan kayak abis diinjek sama gajah sumatra...........

Packing dengan lampu yang temaram, dan charge gadget (teuteup), dan ngobrol-ngobrol unyuk aja sama si ibu pemilik homestay.

Dia single mother,anaknya satu di jakarta , yang satu lagi sekolah di bandar lampung. Gak kebayang aja dia spending many nights alone cuma debur ombak dan kerlip lampu perahu yang jadi hiburan malamnya. Ah, gue mempelajari banyak hal dari wanita itu, tentang mencoba memaknai hidup bukan atas dasar suatu tolak ukur tertentu, melainkan bersyukur atas segalanya. She has a simple happiness.

Sekitar jam setengah 8 kami mulai berangkat menuju pulau kelagian.

Buset! Kenapa gak dari kemaren kemareeeeehh aja maz hiks:'>

Clear blue ocean

Gradasi lautnya bener-bener kayak yang di instagram , belum lagi  pasir putih, langit biru, gugusan pulau menjulang sana sini, this the point overall!!



Satu lagi tempat singgah sebelum kembalike Pelabuhan Ketapang which is Mercusuar ala-ala, gak sempet naik sih , cuma disini ada the best photo spot bagi gue. Check it out!

lensed by : Charlotte

Kembali ke pelabuhan Ketapang, dan sempet agak nunggu jeda ISHOMA, maka gue dan Charlotte memutuskan untuk jalan-jalan sebentar, Lampung hari itu mataharinya ada sebelas boook.

Akhirnya setelah chit chat agak lama sama Charlotte, i just knew she has the same age with my mom!!! Dan sepanjang trip i called her, Mbak. Good Claudia.........

Balik ke Bandar Lampung gue ikut rombongan mobil yang berbeda sama Charlotte huhu.
But good news sih mobil gue sampe duluan, and, gue putuskan untuk kembali duluan dengan beli ticket ferry terpisah. Karena on the next day, sesubuh mungkin gue udah harus berangkat lagi ke Harapan.

Till we meet again Sumatraaaa!

Sampai di Merak sekitar pukul 18.30an kalo gak salah dan dapet tempat duduk paling asyik sepanjang perjalanan. Diruangan crew, full AC, colokan, and no additional charge man!!

dan stelah ngobrol-ngobrol sama rombongan gue, akhirnya gue dapet tebengan sampe UKI. Kemudian selanjutnya justru ini awal dari 'accident' yang akan gue alami di jalan toll....

Singkatnya, tujuan si Mbak nya adalah Cikarang, dan dia nawarin tebengan sampe UKI. Berhubung gue berpikir bahwa masih sempet naik 56, so gue decided untuk ikutan.

Perjalanan lancar sampe gue mengenali interchange UKI.......

Menurut insting gue, kalo mobil ini berasal dari Tol Dalkot gue bisa turun di pinggiran toll, dan berjalan agak mundur sehingga ketemu perempatan UKI yang di bawah flyover.

Tapi apa daya insting gue salah persepsi dengan kondisi sebenarnya.

Sampai di titik penurunan, si Mbaknya juga ragu-ragu, if i possible to get back to home. But gue meyakinkan if i were in the right point.

Tinggalah gue dan ransel gue di pinggir tol. It was around 12am. And gue melanjutkan dengan jalan agak mundur ke arah sebelumnya.....................................................


Jantung gue gak karuan, karena kontur jalanan makin nanjak (harusnya turunan), dan gue gak menemukan tanda- tanda jalan umum. Semuanya mobil.
Karena makin gaenak akhirnya gue putuskan untuk kembali ke titik awal dan melanglah maju hingga menemui percabangan jalan toll.

Sampe di titik itu gue sadar satu hal.


GUE SALAH TURUN TOLL.

Mau nangis gak guna, mau nyetopin taksi (ive tried once) gak berhenti. Akhirnya gue sampe nelfon si mbak nya lagi, dan nyeritain kalo gue salah minta turun. Dan doi malah ikutan panik...


Ditengah kepanikan dan kondisi yan gak rasional, gue berharap ada mobil polisi yang nyamperin kek biar sekalian dianter pulang.....

Dengan kalut nasib gue gabisa pulang sementara dalam hitungan jam gue udah harus berangkat ke Harapan, duit tinggal selembar dan arghhhhhhh.....

Gue nekad nyebrang ke sisi kiri jalan dan nyetop taksi lagi!


TAKSINYA BERHENTIIIIIIIIII AAAAAAA:"""))))

Naik taksi dengan perasaan gak karuan, gue langsung minta tolong bapaknya anterin ke McD Jambore, dan selanjutnya gue minta jemput nyokap sambil minta bawa uang cash lebih.


Di taksi gak henti henti nya gue bilang makasih ke si Bapak malaikat gue malem itu. Dan entah kebetulan apa emang takdir, bapaknya juga mau balik ke Narogong, Cileungsi.

Kebayang kalo dia gak berhenti? Kebayang gue bakal gimana di tengah toll selarut itu.....


Pengalaman yang tadi menutup trip gue ke Pahawang dan demi apapun gabakal gue lupain seumuru hidup, pengalaman pertama gue ke Sumtra, bertemu dengan manusia-manusia unik dan luar biasa, dan menghabiskan malam di tempat yang gak pernah gue bayangkan . Terimakasih semesta !!








ps : i can write any cost karna gue pake jasa trip organizer :)

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook