Claudia's Tips : How to be a Tour Guide ? *beginner only*

15.49

Selamat siang sodara -sodara , beruntunglah kalian siang ini gue sedang gak konslet. Jadi dapat dipastikan postingan kali ini dapat bermanfaat bagi beberapa dari kalian :)

Gue kali ini mau nge-shared aja tips-tips yg dibutuhin sama para Tour Guide or Tour Leader yang bener-bener masih baru banget dalam hal Guiding / Pemanduan.

Bukannya sok menggurui  apa gimana cuma gue pengen berbagi ilmu aja nih dari hampir 3 tahun gue ada di dunia Tourism specially dunia tour.

Bagi yang belom tau background gue apa ( just in case you're wondering why i'm at tourism world) , gue sekolah di SMK pariwisata jurusan Travel . Hmm first time gue melakukan pemanduan (diluar pelajaran guiding yah ) which is waktu gue umur 16 tahun kelas 1 smester dua. Sebelumnya gue cuma praktek dikelas pas pelajaran guiding itupun juga jarang-jarang bgt. Nah gue bener-bener gak ada bayangan apa aja yg akan gue lakuin (pastinya setelah guiding).Nah justru itu gue pengen berbagi cerita pengalaman tour gue skaligus tips adn trick kalo in some cases lo bingung mau ngapain.

H-2  
What should you know  ?

First, lo mesti tau, rombongan mana yg akan lo bawa apakah anak SD/SMP/SMA. Selain itu juga dari sekolah mana, swasta kah or negeri , madrasah atau sekolah katolik. Karena percaya apa enggak, itu berpengaruh loh dalam perilaku mereka dan gimana lo ngadepin mereka. Gue emang gak terlalu expert banget dan gue biasa ngehandle anak SD -SMP doang, belum sampe SMA. Nah cuma dari hal sepele seperti itu gue bisa tau kalo anak dari sekolah swasta apalagi dari Jakarta mereka gak gampang terima orang baru. Intinya lo mesti pinter-pinter ngambil attention mereka. Tapi biasanya juga anak-anak dari sekolah swasta itu lebih "high" pergaulannya. Jadi yah lo mesti turn into 'orang paling gaol and apdet sejagad raya' apalgi dapet anak SMP swasta, posisikan diri lo sebagai TEMEN bukan seorang stranger yg berusaha ngejelasin sejarah secara detil untuk mereka. Inget lo TOUR GUIDE bukan GURU SEJARAH. Beda lagi sm anak sekolah negeri, mereka basicly welcome us warmly ,tapi tingkat kenakalan mereka jangan salah, kadang-kadang bisa beribet. Lo mesti aware sm mereka, jangan sampe ada kerusakan barang di objek gara-gara tamu kita.Hindarin banget deh.

Second , lo mesti tau route tour lo kemana aja. Nah ini yang jelas paling penting. Lo tuh ibarat peta mereka. Masa kalo mereka tanya soal objek lo malah nanya ke supir ?? Bukannya gaboleh cuma terkadang bisa ngakibatin si supir jadi nyepelein kita. Tergantung jenis supirnya juga sih. Ada yg kayak bapak lo, temen lo, 'guide' lo , dan juga ada yg annoyed. Jadi berusahalah untuk jadi "sumber informasi" bagi tamu lo. Nah disini lo juga mesti paham jalan-jalan protokol mana yg akan lo lewatin. Cause, dari situ lo bisa dapet bahan passing sight ketika lo kehabisan bahan cerita / guiding lo.

Third , itinerary secara keseluruhan. Kapan lunch, dimana ,lunch apa semua hal yang bersifat teknis. Misalnya lo ngunjungin Ancol, apa ada acara dari sekolahnya, apa acara games, atau malah kita yang suruh bikin games ? who knows? semua itu bisa aja terjadi. Jadi mending dari H-2 lo udah tau semua detil teknis pas tour berlangsung.

Yang pasti banget lo harus tau rekan sesama TOUR GUIDE lo dalam sebuah perjalanan tour and be nice to them :)


H-1

First, cari bahan guiding. Gausah lo print sampe 5 lembar 10 lembar. Otak lo gak bakalan nyampe deh ngafalin semuanya itu dalam semalem dan gak semua yg lo afalin akan lo jadiin bahan pemanduan.Cukup inget aja nama tempatnya kapan berdirinya isinya atau objects of interestnya apa aja dan cerita-cerita unik tentang objek tersebut , thats all. Tapi gue juga ga bilang gaboleh ngafalin secara full and total hanya lebih efisien aja kalo lo ambil pointnya.

Second, jokes and some fun games. Even lo ga disuruh bikin acara games, tapi ini bisa jadi senjata ampuh buat ice breaking or narik attention mereka. Gak selama perjalanan kan lo guiding, mereka juga gabakal nangkep semuanya. Sediain lah beberapa teka-teki , jokes games yang pastinya gampang dimengerti and gampang dilakuin karna lo gapunya lapak dan waktu yg terlalu lama.

Third, istirahat yg cukup. You'll gonna have a long tired day tommorow :)


And here's some lil stuff you should bring ;)
1. Pulpen
2. Notes kecil
3. Tissue
4. Candy
5. Perfume (for girls specially)
6. Isi pulsa, charge battery

ps : you'll know the function if you already be the guide tommorow ;;)

THE DAY

Please lo jangan coba coba untuk dateng telat ke kantor or meeting point yang telah ditentuin. Pertama itu shame bgt buat lo , kedua citra lo sebagai newcomer tour guide udah tercoreng abis.

Nah kalo meeting point lo adalah kantor lo, lo bisa bantu-bantuin yang lain prepare TOA , Fotocopy2an , P3K dll. Atau lo mungkin akan di briefing sama si pimpinan travel or Tour Leader senior disitu. Dan lo bisa sekalian tanya bis urutan berapa yang akan lo bawa dan "siapa aja isinya". Maksud gue di bis lo adakah pihak yayasan atau malah ketua yayasan and kepseknya ? or ada orang tua wali murid ? ini berlaku ketika tamu lo adalah rombongan tour dari sekolahan yah :)

Pas nyampe di meeting point antara lo, bis dan pihak sekolahannya lo sebaiknya ambil inisiatif buat nempelin nomer bus lo. Ya sekedar untuk dapet image a proffesional tour guide aja, lagian juga biar lo sekalia tau "medan" nya kyk gimana. Oh ya ini juga penting, setelah nempelin nomer bus, lo kudu SKSD sam si supir and co driver bis lo,mesti tau nama , no telpon juga. Penting bgt kalo tiba" bis lo ilang antah berantah atau kondisi parkiran yg segede gaban. Lo juga bisa ngenalin tipe dari supir lo tuh termasuk yg kayak gimana *look post above*

Next itu tergantung sikon aja yah, kalo thats ur really first time, lo bisa coba ngebaur sama rekan sesama tour guide lo sampe anak" peserta tour lo udah pada dateng.



Dan it's shows time, be a nice guide, be friendly , jangan jaim ,jangan tengil juga, disinilah lo udah mulai bertanggung jawab sama mereka sampe tour berakhir.

Some info you should inform :

1. Jaga barang-barang berharga mereka such a phone, money etc
2. Dilarang ninggalin rombongan kecuali dapet ijin dari lo atau guru pembimbing
3. Fasilitas bus
4. Jaga Kebersihan bus
5. In case kalo ada yg mulai pusing blablabla apalgi ada yg mau muntah, they should inform you immedietly.


Oke sejauh ini sih itu udah gue shared apa yg gue lakuin selama gue jadii Tour Guide or even a Tour Leader. Tapi cases nya beda lagi kalo lo bawa tour yang nginep apalagi sampe overland. Lo mesti extra kerja keras lagi. Di objek hotel apalagi di bus yooure the leader man, tanggung jawab sama good manner perlu banget ditunjukin sebgai seorang Guide. Terlebih kalo emang o punya kepribadian yg warm and friendly :)

Mungkin banyak yg masih perlu ditambahin , tapi bakal selalu gue re-post kok kalo ada update-an yg terbaru or something's i forgot :)

Have a nice day guide-ers lol :D










You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook